BadungOlahraga

Clay Marzo Juarai Ajang “Rip Curl Cup Padang Padang 2022”

PECATU, Kilasbali.com – Setelah berkompetisi secara ketat, peselancar asal Hawaii Clay Marzo menampilkan pertunjukan tube ride kelas dunia dan tampil sebagai pemenang di Rip Curl Cup Padang Padang 2022″ di semenanjung Bukit Peninsula Bali, Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Jumat (5/8/2022).

Marzo memanfaatkan peluang setelah Benji Brand cedera dengan menemukan alur permainannya hingga mendominasi final. Peselancar lainnya juga asal Hawaii, Erin Brooks, menampilkan permainan bersejarahnya sebagai peselancar termuda yang bersaing dalam acara tersebut, berada di posisi keempat dan memenangkan super heat wanita.

Sedangkan, para penonton lokal terus memberikan semangat kepada peselancar Indonesia, di mana juara dua kali Mega Semadhi menjadi runner-up, dan Mega Artana mendapatkan posisi ketiga. Hasil lengkap final Piala Rip Curl 2022 masing-masing, Clay Marzo (18,73), Mega Semadhi (15.23), Mega Artana (12,53), dan Erin Brooks (11.57).

Marzo, yang awalnya tidak lolos ke semifinal, bernasib baik ketika juara bertahan Benji Brand harus mundur karena cedera, sehingga Marzo yang berada di urutan berikutnya diberi kesempatan untuk maju. Setelah nyaris kehilangan gelar dengan finis sebagai runner-up di kompetisi tahun 2019, akhirnya Marzo mampu memanfaatkan kesempatan keduanya, sekaligus membuka jejak penebusan melalui semifinal dan final.

“Sangat luar biasa, saya sangat bersemangat untuk mendapatkan ombak barel itu dan beberapa ombak terbaik yang pernah ada. Saya menemukan alur dan Benji menyuruhku untuk mengambilnya,” kata Marzo.

Peselancar lain juga asal Hawaii Erin Brooks, yang baru saja mendapatkan medali emas di ISA World Juniors dan masih berumur 15 tahun terus menggemparkan dunia selancar dan membuat sejarah di berbagai hal. Brooks adalah wanita termuda yang berkompetisi dalam acara tersebut san saat melaju ke final mendapatkan posisi keempat, serta meraih gelar juara Women’s Super Heat wanita perdana.

Baca Juga:  Road Bike GFNY Libatkan 1.900 Pesepeda dari 30 Negara

“Semua pria dan wanita melakukannya dengan sangat baik dan sangat menyenangkan bisa bersaing dengan keduanya. Ombak besar tidak henti-hentinya datang dan saya sangat senang dengan penampilan saya. Para peselancar wanita juga sangat baik padaku, mereka juga berselancar dengan sangat hebat,” tutur Brooks, seraya berjanji akan terus melakukan yang terbaik untuk mendorong dunia selancar wanita.

Baca Juga:  Pasar Senggol Beringkit,  Pedagang Gratis Tiga Bulan

Duo peselancar tuan rumah Indonesia, Mega Semadhi dan Mega Artana harus puas berada di tempat kedua dan ketiga. Keduanya telah menunjukkan pengetahuan dan keahliannya tentang ombak Padang Padang, sehingga membuat Marzo yang memimpin heat final harus bekerja sangat keras.

Presiden Direktur Rip Curl Indonesia, James Hendy menyampaikan ucapan terima kasih kepada komunitas dan semua peselancar lokal yang mengizinkan untuk melakukan kegiatan ini setiap tahun di Pantai Padang Padang. “Saya rasa bagi masyarakat sekitar dan para peselancar yang bertualang mengejar ombak, sangat senang melihat event ini diadakan kembali. Ini adalah kesempatan besar bagi dunia dan komunitas selancar lokal untuk melihat peselancar ombak barel terbaik di dunia berselancar melawan peselancar terbaik, ini benar-benar sesuatu yang unik bagi kami untuk mengadakan acara ini,” ujar Direktur Kontes James Hendy.

Baca Juga:  Kejurnas Tinju Medan, Pertina Bali Target Juara

Rip Curl Cup edisi ke-16 dimulai di bawah langit cerah dan kondisi yang luar biasa pada Kamis (4/8/2022) pagi di semenanjung Bukit Bali. Hal ini menjadi momen penting bagi komunitas selancar lokal Indonesia, karena menjadi event yang pertama digelar sejak 2019 akibat pandemi global.

Kompetisi menampilkan format round-robin baru, di mana masing-masing dari 16 kompetitor berselancar di dua babak, mendapatkan poin berdasarkan posisi mereka di tiap heat, yang menentukan 8 peselancar teratas untuk maju ke babak semifinal eliminasi tunggal. (kb/djo)

Berita Terkait

Back to top button