CeremonialDenpasarSeni BudayaTokoh

Pujawali Pura Praja Nata Kantor Walikota Denpasar

DENPASAR, Kilasbali.com – Tetabuhan, Pesantian, Tari Rejang Rentang dan Tari Topeng Wali yang dibawakan para seniman Kota Denpasar turut mengiringi pelaksanaan Pujawali Pura Praja Natha Kantor Walikota Denpasar pada Purnama Sasih Karo Sukra, Kliwon Wuku Medangkungan, Jumat (12/8/2022).

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Denpasar tampak melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Praja Natha Kantor Walikota Denpasar.

Piodalan yang diselenggarakan setiap tahun sekali ini, tampak dihadiri Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, pimpinan OPD dan jajaran Sekretariat Daerah Kota Denpasar.

Baca Juga:  World Walking Day

Tampak hadir pula Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani serta seluruh Aparatur Pemkot Denpasar melaksanakan persembahyangan bersama yang dipuput Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa Putra Keniten, Griya Sari Tegal.

Jaya Negara mengatakan, pujawali ini menjadi momentum untuk selalu memanjatkan puji syukur kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa dengan selalu melakukan langkah-langkah koordinasi dan komunikasi bersama seluruh Aparatur Pemkot Denpasar dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Denpasar.

“Dengan pelaksanaan pujawali ini mari kita tingkatkan rasa sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana menuju kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Pendekar Lintas Generasi ‘Unjuk Gigi’

Jaya Negara berharap segenap pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan motto Sewaka Dharma yakni melayani adalah kewajiban berlandaskan Vasudhaiva Khutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara.

Sementara Kabag Umum Setda Kota Denpasar, I Ketut Warjana mengatakan Piodalan di Pura Praja Natha Kantor Walikota Denpasar setiap satu tahun sekali, untuk persiapan piodalan telah dilaksanakan jauh hari sebelumnya.

Seperti pembuatan tempat upacara serta beberapa persiapan lainnya yang berkaitan dengan Piodalan kali ini. Pada Piodalan ini juga dipersembahkan pecaruan Panca Sata, serta pelaksanaannya hanya berlangsung sehari yang dilanjutkan dengan upacara mesineb.

Baca Juga:  Bali Tuan Rumah ANOC World Beach Games 2023

Upacara Piodalan ini bermakna untuk menghaturkan terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa, karena berkat beliaulah semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Kita harus selalu bersyukur dengan menghaturkan yadnya kepada Yang Maha Kuasa,” katanya.(sgt/kb)

Berita Terkait

Back to top button