DenpasarPemerintahan

Calon Pj Bupati Buleleng Sembilan Orang

DENPASAR, Kilasbali.com – Rupanya, calon Pj Bupati Buleleng sebanyak sembilan orang. Tak hanya diusulkan Gubernur Bali, pengganti Bupati Agus Suradnyana yang habis masa jabatannya per 27 Agustus 2022, juga diusulkan DPRD Buleleng, dan Pusat.

Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra menyampaikan, terkait Pj Bupati Buleleng sesuai dengan mekanisme. Yakni terdapat tiga institusi yang harus mengusulkan. Untuk bupati/wali kota yang mengusulkan dari gubernur, kemudian DPRD, dan Pemerintah Pusat.

“Tiga orang yang diusulkan oleh gubernur, kemudian tiga orang diusulkan dari DRPD Buleleng, dan tiga orang usulan dari pusat, sehingga total sembilan orang yang diusulkan tiga institusi ini,” jelas Dewa Indra di Denpasar, Jumat (12/8).

Baca Juga:  Ny Cok Ace Dorong Sinergitas Organisasi Wanita

Dikatakan, dalam mengisi Pj itu maka dilakukan pembahasan di pusat dengan melibatkan penelitian dan juga lembaga terkait.

Kemudian dilakukan pengkajian, asesmen, dan berbagai aspek lainnya. Baik asfek administrasi, integritas, kepemimpinan, sosial, termasuk juga rekam jejak lainnya.

“Apakah pernah terkena sanksi hukuman disiplin atau pelanggaran lainnya? Semuanya akan diasesmen,” bebernya.

Dewa Indra juga menjelaskan, yang diusulkan harus eselon II. “Untuk Gubernur Bali sudah mengusulkan ke pusat cukup lama. Begitu juga DPRD Buleleng sudah mengusulkan. Pusat mungkin sudah. Nanti pada waktunya kami akan diinformasikan oleh Kementerian Dalam Negeri, terkait siapa yang akan ditetapkan sebagai Pj Bupati Buleleng,” ungkapnya.

Baca Juga:  Discovery Mall Bali Sukses Gelar "Ultra Beach Bali 2022"

Terkait isu bahwa Lihadnyana yang paling berpeluang, Sekda menegaskan bahwa pihaknya tidak mengetahuinya. Karena pembahasan dilakukan di pusat, sedangkan Pemprov Bali tidak diikutkan dalam pembahasan. “Kita hanya melengkapi dokumen-dokumen administrasi yang diminta,” jelasnya.

Didesak terkait siapa saja nama tiga usulan yang disampaikan Gubernur Bali ke pusat, Dewa Indra mengungkapkan bahwa tiga kandidat itu pejabat pimpinan tinggi.

“Itu yang tahu bapak gubernur. Nanti kita tunggu, kan waktunya sudah dekat. Pelantikannya kan 27 Agustus, kita pasti akan diberitahu sebelum itu. Tunggulah beberapa hari lagi,” pintanya.

Baca Juga:  Sertifikat Layak Kawin Mulai Dirilik

Sementara itu, Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama yakin bahwa pemerintah sudah siap untuk mengisi Pj Bupati Buleleng.

“Siapapun Pj Bupati Buleleng, dan kita akan menghadapi pilkada serta pileg serentak ini, harus bisa mengemban tugas dengan baik. Bali tetap aman dan kondusif. Siapapun pemimpinnya, mari kita dukung agar Bali tetap aman dan kondusif,” harapnya.

Politisi asal Tabanan ini juga yakin, tiga nama yang diusulkan gubernur memenuhi syarat dan semuanya berpeluang. “Selain itu, tiga-tiganya putra daerah Buleleng yang memenuhi syarat juga,” pungkasnya. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button