BulelengSosialTokoh

Kampanye Percepatan Penurunan Stunting

BULELENG, Kilasbali.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster menghadiri Kampanye Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Bali yang diselenggarakan di GOR Amartha Desa Patas Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Sabtu, (13/8/2022). Kegiatan ini diselenggarakan BKKBN bekerjasama dengan Anggota Komisi IX DPR RI I Ketut Kariyasa Adnyana.

Agar tidak terkesan monoton, Putri Koster melakukan sosialisasi yang dikemas dalam kuis berhadiah. Peserta yang dipanggil ke depan dan berhasil menjawab pertanyaan memperoleh hadiah yang telah disiapkan Ketua TP PKK Provinsi Bali dan Anggota Komisi IX DPR RI I Ketut Kariasa Adnyana.

Dalam kesempatan itu, Putri Koster menyelipkan edukasi pencegahan stunting. Menurutnya, upaya pencegahan stunting harus dilakukan sejak dini.

Baca Juga:  Senderan Ambrol Ancam Pemukiman

Untuk itu, remaja putri yang akan menjadi calon ibu diingatkan memperhatikan pola makan karena hal itu nantinya akan sangat berpengaruh pada masa kehamilan. Selain menjaga asupan makanan, kalangan remaja putri juga diingatkan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu bermain gadget.

“Selain menyita waktu dan menjadi kurang produktif, radiasi gadget juga dikhawatirkan berpengaruh pada kesehatan reproduksi. Ditambahkan olehnya, asupan gizi yang kurang seimbang pada masa remaja bisa memicu anemia atau Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada masa kehamilan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pemaduan Kebijakan Pengendalian Penduduk BKKBN Ir. Mila Rahmawati menyampaikan bahwa lembaganya diberi tugas yang sangat penting karena berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia.

Baca Juga:  Pendekar Lintas Generasi ‘Unjuk Gigi’

Menurutnya bukan hal yang mudah, namun dengan dukungan berbagai pihak, Ia yakin tugas ini bisa dilaksanakan dengan baik. Dalam kaitan mencegah stunting, ia mengingatkan agar para Ibu memberi asupan gizi yang seimbang bagi buah hati mereka. “Luangkan waktu untuk memasak, jangan habiskan waktu untuk hal tak penting seperti selfie,” pesannya.

Baca Juga:  Dongkrak Bangga Kencana

Kariyasa Adnyana menegaskan pentingnya upaya penurunan angka stunting karena berkaitan dengan daya saing bangsa. Oleh sebab itu, Komisi IX memberi atensi yang besar terhadap upaya penurunan angka stunting. Sebagai wakil rakyat dari Bali, ia berkomitmen mendukung penuh upaya penurunan angka stunting di daerah ini. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button