SosialTabanan

Pewarta Lepas 77 Ekor Tukik

Meriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

    TABANAN, Kilasbali.com – Persatuan Wartawan Tabanan ( Pewarta ) melepas 77 ekor tukik di Pantai Yeh Gangga, Selasa ( 16 Agustus 2022). Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 10.30 Wita tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke -77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

    Selain diikuti anggota Pewarta yang terdiri dari wartawan media onlie, cetak, dan elektronik, pelepasan tukik juga dihadiri Kasi Humas Polres Tabanan Iptu I Nyoman Subagia, S.Sos , Penerangan Kodim 1619 Tabanan Peltu I Gusti Agung Putu Widiarsa, S.Kom ,Kabaghumas Pemda Tabanan I Gusti Putu Winiantara,S.Sos Kabag hubungan langganan Perumda Tirta Amertha Tabanan IB Marjaya beserta humas Perumda TAB I Wayan Agus Suanjaya, Bendesa Adat Yeh Gangga I Ketut Lodia.

    Baca Juga:  Hingga Menjelang Akhir Juli 2024, Kasus Positif Rabies pada Hewan Sudah 14 Kali

    Ketua Pewarta Donny Darmawan mengatakan, pihaknya secara kontinyu menggelar aksi sosial menjelang HUT Kemerdekaan RI. Seperti membagikan bendera merah putih kepada pengendara sepeda motor yang dilakukan sejak tahun 2019 sebelum covid-19 melanda Bali, tahun 2020 tidak menggelar aksi karen covid, tahun 2021 aksi sosial berupa bagi bagi sembako di pasar pasar tradisional dan bagi bagi bendera merah putih di sejulah titik lampu merah.

    “Untuk tahun ini kami tidak lagi membagi bagikan bendera. Karena kami lihat sudah banyak bendera yang dipasang dan banyak pihak yang melakukan aksi bagi bagi bendera merah putih. Kami pun pilih menggelar aksi melepas tukik di Pantai Yeh Gangga,” tandasnya.

    Baca Juga:  Australia Dukung Bali Kendalikan Rabies

    Tukik yang dilepas ke lautan lepas sebanyak 77 ekor sesuai dengan umur NKRI pada tanggal 17 Agustus 2022 besok 77 tahun. “Tukik yang kami lepas dari penangkaran milik Desa Adat Yeh Gangga, sebagai kontribusi kami berdonasi untuk operasional kelangsungan penangkaran tukik Yeh Gangga. Karena selama ini seluruh operasional masih dilakukan secara mandiri dan belum ada bantuan dari pemerintah daerah,” jelas Donny.

    Baca Juga:  Gathering Bali Fashion Trend 2024 Pamerkan Karya 12 Desainer

    Tujuan dari aksi lepas tukik ini juga ingin memperkenalkan kalau di Yeh Gangga Tabanan juga ada wisata melepas tukik yang patut dikujungi oleh wisatawan lokal, domestik dan mancanegara.

    Sebelum acara puncak melepas tukik, diawali dengan doa bersama, dan hormat kepada Bendera Merah Putih. (m/kbg

    Back to top button