CeremonialDenpasar

Kasatpol PP Bali dan Atase Pertahanan Inggris Toast Arak Bali

DENPASAR, Kilasbali.com – Toast arak Bali yang merupakan diplomasi ala Gubernur Bali Wayan Koster rupanya dipraktekkan Kasatpol PP Provinsi Bali Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi.

Hal itu tergambar jelas saat birokrat asal Nusa Penida Klungkung ini mewakili Gubernur Bali menerima kunjungan Atase Pertahanan Inggris Kolonel Paul Reynods di Taman Budaya Bali di Denpasar pada Kamis (18/8) sore.

Dewa Dharmadi mengajak toast arak Bali Paul Reynods. “Enak sekali,” ujar Paul Reynods seraya mengajak Dewa Dharmadi untuk kembali toast arak Bali untuk kedua kalinya.

Seusai jamuan arak Bali itu, Dewa Dharmadi kemudian mengajak Paul Reynods ke melihat-lihat pameran IKM Bali Bangkit.

Bahkan, Dewa Dharmadi juga merogoh koceknya sendiri untuk membelikan Paul Reynods udeng songket. “Ketika nanti bertemu Pak Gubernur silakan dikenakan udeng ini,” kata Rai Dharmadi seraya mengenakan udeng itu ke Paul Reynods.

Di sela-sela kunjungan itu, Tampak Ketua Dekranasda, Putri Suastini Koster bertegur sapa dengan Paul Reynods.

Baca Juga:  Hanya Sebulan, Tabanan Naik 3.262 Pemilih

“Kami disini melakukan edukasi, sebelum wisatawan belanja ke mana-mana. Pameran ini diadakan terus menerus sepanjang tahun,” jelas Putri Koster seraya mempersilahkan Kolonel Paul ini melihat-lihat pameran ditemani Kasatpol PP.

Sebelumnya, Paul Reynods menuturkan, mengunjungi Bali untuk rencana pertemuan bidang keamanan yang dilaksanakan pada September 2022.

Tim atase pertahanan Inggris akan mengunjungi Bali dengan menggunakan kapal Royal Navy yang menjadi angkatan laut terkuat dan terbesar di dunia. Kapal Angkatan Laut Kerajaan Britania Raya itu akan sandar, berlabuh di Pelabuhan Benoa.

Baca Juga:  Sumadhi Berpulang, Sekretariat DPRD Gianyar Berduka 

Paul Reynods menjelaskan, ada dua agenda yang akan digelar di Bali akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 mendatang. Tahun 2023, atase pertahanan Inggris memfasilitasi simposium keamanan se-Asia Tenggara.

Menurutnya, 4 negara akan hadir dalam event simposium yakni, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Kegiatan akan dihadiri 60 delegasi dari negara yang diundang.

“Kedatangan kami untuk memberitahukan agenda yang akan kami lakukan di Bali, kami sangat mengapresiasi kondisi Bali yang kondusif dalam penanganan pandemi Covid-19,” kata Paul Reynods.

Saat mengunjungi Bali, Paul Reynods melihat bahwa Bali memiliki kecakapan dalam menangani Covid-19. Selama ini ia telah berkunjung Bali sebanyak lima kali. Menurutnya, Bali telah berada pada akhir dari pandemi.

Baca Juga:  Primo Rasendriya Rilis Album Perdana Berjudul "Kisah Sempurna"

Indikasi itu juga terlihat dari semakin banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Dewata. “Event yang akan kami adakan di Bali juga menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Bali sudah aman dan wisatawan bisa berkunjung ke Bali lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Dewa Dharmadi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait event tersebut.

Terkait permintaan Atase pertahanan Inggris untuk disiapkan showcase display arak Bali ketika Royal Navy sandar di Pelabuhan Benoa, pihaknya akan memenuhi keinginan mereka.

“Mungkin bisa kita adakan penyambutan di dalam kapal untuk branding arak Bali yang selalu dipromosikan Gubernur kepada konjen dan dubes negara asing,” kata Dewa Dharmadi. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button