GianyarNews UpdatePeristiwa

Kompor Meledak di Kerumunan Ngaben Masal

Belasan Orang Terpanggang Hidup Hidup

    GIANYAR, Kilasbali.com – Musibah memilukan terjadi saat prosesi Kremasi masal di Desa Adat Selat, Blega, Blahbatuh, Jumat (19/8) petang. Belasan orag terbakar hidup hidup akibat kompor pembakaran mayat meledak di kerumunan.

    Teriakan dan rintihan warga kesakitan pun menyelimuti areal kuburan dan menyambung hingga ke IGD RSU Sanjiwani Gianyar.

    Dari keterangan yang dihimpun, saat itu pembakaran petulangan sudah berlangsung sekitar 30 menit. Tanpa dinyana petaka tiba-tiba terjadi di pembakaran petulangan Singa yang lokasinya paling ujung selatan.

    Ironisya lagi, ledakan besar terjadi saat warga sedang berkerumun. “Tiba-tiba ada ledakan dan seluruh areal dikepung api. Tabung gasnya loncat ke atas. Saya tak bisa bilang apa melihat kerabat saya terbakar. Semua terbakar seluruh tubuhnya. Saya merayap dan terbakar di bagian tangan kanan ini saja,” ungkap Gusti Yuliantara, salah satu korban.

    Baca Juga:  Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Wali Kota Denpasar di DTIK Festival 2024!

    Dari keterangan lainnya disebutkan jika kebakaran itu diduga karena kelalaian tukang kompor, yakni Bagus Oskar dan dua rekannya yang diketahui dari Pejeng Tampaksiring.

    Dari awal pembakaran, tabung gas yang digunakan diduga sudah bocor. Hal itu diketahui dari upaya tukang kompor menutupi kebocoran dengan melilitkan kain pada bagian yang bocor.

    Terlebih lagi, satu tabung gas dicabangkan ke beberapa sumbu pembakaran. Bahkan ledakan terjadi disaat tukang kompor sedang mencoba mengecek kondisi tabung.

    Baca Juga:  Desa Megati Bersiap Diri Menjadi Kampung Alpukat

    Dari pendataan di IGD RSU Sanjiwani tercatat 9 orang korban terluka bakar parah. Satu diantaranya seorang anak 11 tahun. Tiga orang tukang kompor dan 5 warga. Namun korban dipastikan melebihi namun dibawa ke rumah sakit lainnya.

    Beberapa korban yang terdata di IGD Sanjiwani diantaranya, Gusti budiasa, Gusti Pradita (11), Gian, Gusti Nyoman Gede, Gusti Mukiana dan Gusti Yuliantara.

    Hingga berita ini di tulis, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait, karena masih difokuskan pada upaya penyelamatan para korban. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi