DenpasarEkonomi BisnisSeni Budaya

Pembukaan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 7 Tahun 2022

    DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster membuka Pameran Bali Bangkit Tahap 7 Tahun 2022 di Gedung Ksirarnawa,Taman Budaya, Denpasar, Jumat 19 Agustus 2022 malam.

    Gubernur Koster menyampaikan apresiasi atas kerja keras dari Putri Koster selaku Ketua Dekranasda Provinsi Bali yang sudah dengan sangat sabar, konsisten dan tekun dalam mengangkat kerajinan Bali, menguatkan branding produk lokal Bali sehingga kelasnya meningkat.

    Pameran IKM Bali Bangkit yang merupakan gagasan cemerlang dari Bunda Putri ini telah dikunjungi mulai dari jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Istri Wakil Presiden RI, Kapolri, Ketua DPR RI hingga orang nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo telah terbukti mampu menggerakkan IKM Bali untuk bangkit, terus berkreativitas dan berperan nyata dalam upaya bersama menjaga warisan leluhur.

    Untuk itu, Gubernur Bali berharap kegiatan ini dapat terus diselenggarakan secara konsisten, jangan melemah dan kedepannya diharapkan bisa dilaksanakan juga di seluruh kabupaten/kota di Bali.

    Gubernur jebolan ITB Bandung ini menambahkan sejak IKM Bali Bangkit pertama kali dilaksanakan saat pandemi Covid 19 melanda pada tahun 2020, Bunda Putri menanganinya dengan sangat serius tidak hanya menata Gedung Ksirarnawa menjadi bersih dan rapi seperti saat ini tetapi juga menemukan permasalahan-permasalahan yang dihadapi para perajin selama ini.

    “Salah satunya adalah lemahnya kita dalam memproteksi produk lokal kita yang notabene adalah warisan dari nenek moyang kita. Produk lokal kita khususnya kain tenun banyak diproduksi di luar Bali baik dengan menggunakan mesin maupun tangan. Hal ini berdampak signifikan bagi Bali jika dibiarkan, kita tidak hanya akan kehilangan tenaga kerja, kehilangan pelaku usaha, kehilangan pasar tetapi juga kita kehilangan warisan leluhur kita yang adiluhung yang seharusnya kita lindungi dan jaga dengan ketat. Untuk itu, kita bersama-sama harus bisa menjaga produk lokal kita yang sangat kaya akan ragam jenisnya dan sangat unik. Jangan sampai karena kesalahan kita sendiri produk kita diambil oleh pihak luar. Produk-produk lokal kita baik itu sandang dan pangan harus kita jaga dengan ketat dari hulu hingga ke hilir,” ujar Koster.

    Gubernur yang juga menjabat Ketua DPD PDIP Bali ini juga mengingatkan para pelaku usaha / pedagang agar turut menjaga kualitas produk dan membangun branding Bali. Para pedagang diharapkan konsisten, tertib dan disiplin dalam menjual produknya. Misalnya dengan menjual dengan harga yang pantas dan memasang label harga dengan disiplin. “Dengan demikian image produk kita akan bagus, memiliki standar kualitas dan pada akhirnya branding Bali semakin kuat,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Kanwil DJP Bali Kumpulkan Penerimaan Pajak Sebesar Rp2,24 Triliun

    Orang nomor satu di Bali ini juga menegaskan bahwasanya pemerintah Provinsi Bali dengan Visinya Nangun Sat Kerthi Loka Bali sangat konsisten dalam meningkatkan penggunaan produk lokal Bali sehingga identitas tidak hilang dan perekonomian bisa bergerak.

    “Kita gunakan semua produk berlabel Bali, Beras Bali, Ayam Bali, Manggis Bali, Salak Bali, Garam Bali, Arak Bali,Tenun Bali dan produk lainnya berlabel Bali. Produk yang diproduksi di Bali, dijual di Bali dan dibeli terutamanya oleh orang Bali. Dengan demikian perekonomian kita akan berputar dan masyarakat akan lebih sejahtera,” ajaknya.

    Sementara itu, Putri Koster menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh dari Gubernur Bali, Wayan Koster yang telah memberi perhatian besar kepada para pelaku IKM dengan menyediakan ruang berpameran bagi pelaku IKM secara gratis di areal Taman Budaya Denpasar.

    Baca Juga:  Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Wali Kota Denpasar di DTIK Festival 2024!

    Hal ini memberi angin segar bagi para perajin terlebih saat pandemi melanda dimana para perajin mengalami kesulitan dalam memasarkan produk kerajinan mereka. Pameran IKM Bali Bangkit ini membangkitkan semangat para perajin untuk terus berkarya dan berkreativitas di tengah hantaman pandemi Covid 19.

    Wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri menambahkan tidak hanya memberi ruang berpameran secara gratis, Gubernur Bali juga mengeluarkan regulasi keberpihakannya kepada para perajin yang salah satunya dengan diterbitkannya surat edaran tentang penggunaan kain tenun endek setiap Hari Selasa, dimana hal ini berdampak signifikan terhadap keberadaan kain tenun dan para perajin semakin bergeliat untuk berproduksi.

    “Jika biasanya keberadaan IKM hanya sebagai pemanis bibir saja, hanya mengatakan peduli kemudian selesai acara tidak ada tindak lanjut ,namun tidak demikian dengan Bapak Wayan Koster. Bapak Gubernur benar benar konsisten dalam mendukung IKM dan menjaga warisan leluhur. Untuk itu pihaknya sangat berterima kasih atas kepedulian dan dukungan penuh dari orang nomor satu di Bali ini dalam menjaga warisan nenek moyang,” ujarnya.

    Bunda Putri menambahkan bahwasannya pelaksanaan IKM Bali Bangkit ini bukan semata-mata hanya untuk berpameran atau berjualan semata tetapi juga untuk menemukan permasalahan yang dihadapi para perajin dan mengedukasi mereka. Dari pelaksanaan pameran ini, Bunda Putri menemukan bahwa kondisi kain tenun dalam ambang memprihatinkan.

    Baca Juga:  Inflasi Tabanan Naik Jadi 3,78 Persen, Bupati Sanjaya Instruksikan Operasi Pasar Reguler

    “Kain kita banyak ditenun di luar Bali dan motif kita banyak ditiru dan diproduksi secara masal. Hal ini tentu saja tidak dapat kita biarkan karena berdampak signifikan, tidak hanya kita bisa kehilangan warisan budaya kita tetapi juga kita kehilangan pasar, kehilangan konsumen yang menyebabkan perekonomian kita menjadi lemah. Jika kondisi ini kita biarkan, tenun tidak akan bertahan di rumahnya sendiri, tenun hanya sebuah cerita. Untuk itu diperlukan langkah-langkah nyata untuk melindungi dan melestarikan tenun Bali. Dekranasda Provinsi Bali juga akan terus menjembatani permasalahan yang dihadapi para perajin dengan stakeholder yang ada sehingga produk kerajinan kita lestari dan dapat memperkuat perekonomian Bali,” bebernya.

    Seniman multitalenta ini juga meminta dukungan dari semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melindungi dan melestarikan warisan nenek moyang, termasuk di dalamnya para perajin agar jangan hanya berpatokan pada keuntungan semata tetapi turut menjaga kelestarian dari warisan nenek moyang.

    “Inovasi ataupun kreativitas yang kita lakukan jangan sampai melenceng dari akar dan budaya yang merupakan ciri khas dari produk kerajinan kita,” imbuhnya.

    Pembukaan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 7 Tahun 2022 yang turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali Prof.Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Direktur BPD Bali, Pemilik Balimall.id juga diisi dengan penampilan fashion show berbusana tenun Bali dari Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali beserta istri, Kelompok Ahli Pembangunan Pemprov Bali , Para pejabat eselon 3 dari OPD di lingkungan Pemprov Bali serta para pengurus TP PKK Provinsi Bali. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi