GianyarNews UpdateSosial

TNI-Polri ‘Perang’ Sampah Plastik di Desa Sidan

GIANYAR, Kilasbali.com – Berperang melawan sampah plastik tidak bisa dilaksanakan dengan momentum. Namun harus berjalan rutin dan adanya komitmen yang saling bersinergi. Sinergitas ini pula diwuuudkan oleh   jajaran TNI, Polri, staf Kecamatan dan pegawai Kantor Desa Sidan, Gianyar, Selasa (23/8). Mereka menggelar bersih sampah plastik serta menanam pohon. Total 10 kampil plastik terkumpul.

Mayor Inf. Yan Rangga Rahabistara selaku Kepala Staf Kodim Mewakili Dandim 1616/Gianyar dampingi Kapten Inf. Hengky Histoveri selaku Pasiter Pjs Danramil 1616/Gianyar, menyatakan acara kali dilatarbelakangi atas sinergi saling bantu menjaga lingkungan.

“Mungkin dari desa dan pemerintah ada keterbatasan, makanya kami saling bantu. Ini juga perlu ada kesadaran dari masyarakat untuk jaga kebersihan harus sinergi. Tidak hanya kita saja, tapi individu masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Ribuan Krama Unjuk Bhakti ke PN Gianyar

Untuk TNI mengirim 55 orang dari Batalion 741 dan Kodim. “Harapan kami yang utama, agar menjadi contoh dan pedoman bagi masyarakat. Akhirnya masyarakat sadar. Ke depan selalu melakukan upaya mengedukasi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu  Kapolres Gianyar yang diwakili Kasat Bimas Polres Gianyar, AKP Gede Hendrawan, SH MH didampingi Kapolsek Gianyar, Kompol I Ketut Tomiasa menyatakan sinergi kali ini luar biasa. “Di Gianyar kami akan solid. Tadi kami bersihkan sungai yang jadi prioritas sampah plastik,” ujarnya.

Dari polri melibatkan 30 orang. Pesan yang diambil kali ini untuk lingkungan. Menjaga plastik. “Tidak dibuang sembarangan,” jelasnya.

Baca Juga:  Jelang G20, Polres Gianyar Siagakan Personel

Untuk desa Sidan sudah baik menata desa. Dia berharap Sidan jadi pilot project untuk desa lain.

Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, Camat Gianyar, Kabid Pemerintah Masyarakat Desa. Turut hadir Trash Hero. Total peserta mencapai 100-an lebih. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button