BulelengEkonomi BisnisSosial

Komunitas Balawa Terima CSR dari Pemerintah 

SINGARAJA, Kilasbali.com– Komunitas peduli lingkungan Balawa Indah Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, menerima Corporate Social Responsibility (CSR) berupa satu unit sepeda motor pengangkut sampah, Kamis (25/8).

CSR ini diberikan oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Hita Buleleng kepada Pemkab Buleleng yang kemudian diserahkan kepada komunitas Balawa Indah. CSR diserahkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Buleleng Ni Made Rousmini,S.Sos mewakili Bupati Buleleng.

Penyerahan CSR ini berlangsung di Lobby Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng, dihadiri Kepala Desa Pedawa, Putu Mardika dan Direktur Utama Perumda Tirta Hita Buleleng, I Made Lestariana.

Asisten Rousmini mengatakan, ini merupakan bentuk upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng dalam memerangi sampah terus digencarkan. Berbagai program penanganan sampah telah dilakukan untuk menciptakan Buleleng yang bersih dari sampah. Salah satunya, mendorong kelompok-kelompok masyarakat peduli lingkungan dengan cara memberikan bantuan sarana dan prasarana demi kelancaran kegiatan pembersihan lingkungan.

“CSR ini merupakan upaya dari seluruh pihak untuk menjaga Kabupaten Buleleng pada umumnya tetap bersih, asri, dan lestari,” ucap Rousmini.

Ia berharap, CSR ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga mobilitas dalam kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  Tat Kala Pemotor Rela Antri Demi BBM Bersubsidi

“Semoga ini bisa bermanfaat, dan tentunya kami berharap, Perumda yang lain bisa memberikan CSR yang sama,” pintanya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tirta Hita Buleleng I Made Lestariana menjelaskan, pemberian CSR ini merupakan rekomendasi dari Pemkab Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup.

Selain itu, dirinya mengatakan pemberian CSR ini juga dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia dan menyambut HUT Perumda air minum Tirta Hita Buleleng yang jatuh pada 10 September mendatang.

Baca Juga:  Sertifikat Layak Kawin Mulai Dirilik

“Ini juga merupakan intruksi dari Bapak Bupati Buleleng untuk mengarahkan dana CSR kita ke bidang lingkungan hidup,” ungkapnya.

Dirut Lestariana mengungkapkan, pemberian CSR dari Perumda Air Minum Tirta sudah dilakukan berkali-kali. Hal ini disebutkan, sebagai bentuk keikut sertaan Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng dalam pembangunan di Kabupaten Buleleng dalam segi kepedulian lingkungan.

“Mudah-mudahan kita terus bisa memprogramkan hal yang serupa dan diberikan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang memang benar-benar peduli dengan lingkungan,” harapnya.

Baca Juga:  Dorong Pemanfaatan EBT, Pemprov Sosialisasikan Penggunaan PLTS Atap

Ketua Komunitas Balawa Indah Yohanes Adi Saputra mengucapkan terimakasihnya kepada Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng dan Pemkab Buleleng atas pemberian CSR ini. Menurutnya, CSR ini merupakan hal yang paling ditunggu oleh komunitasnya.

“CSR ini tentunya sangat membantu kami, karena masalah yang kami hadapi dalam mengangkut sampah di Desa kami adalah kendaraan. Sebelumnya kami hanya menggunakan motor untuk mengangkut sampah dari rumah warga ke Bank sampah,” katanya.

Dirinya juga mengatakan, dengan pemberian CSR ini bisa memicu semangat komunitas dalam memberikan pelayanan kebersihan kepada masyarakat lebih baik lagi.

“Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait atas pemberian CSR ini,” pungkasnya. (ard/kb)

Berita Terkait

Back to top button