GianyarSeni BudayaTokoh

Seniman Ubud Garap Patung Raksasa Soekarno dari Anyaman Bambu

    GIANYAR, Kilasbali.com – Inovasi kreatif dipersembahkan seniman asal Banjar Kelingkung, Lodtunduh, Ubud, Agus Eri Putra (35).

    Pemuda ini memilih sang Proklamator Soekarno sebagai objek karyanya. Tidak tanggung patung anyamannya ini berukuran raksasa, sehingga harus digarap dengan sistem knockdown.

    Disebutkan, penggarapan anatomi tubuh Bung Karno sudah rampung 100 persen. SAaat ini tinggal menunggu jadwal pengangkutan dan lanjut penyatuan bagian-bagian patung di lokasi.

    “Selama proses pengerjaan, saya dibantu oleh 15 orang seniman muda di Desa Lodtunduh. Anyaman sebagai bahan dasar patung ini, dilakukan oleh para orang tua dengan sistem kerja rumahan,” terangnya.

    Baca Juga:  Koster Sebut Komunikasi dengan De Gadjah Masih Lanjut

    Meski sudah menggarap banyak karya, pematung anyaman bambu ini mengaku jika patung anyaman Bung Karno ini, paling sulit.

    Kesulitannya pada bagian-bagian tubuh. Terlebih, gambaran sosok proklamator ini diketahui hampir seluruh rakyat Indonesia.

    Anyaman yang benar-benar menyerupai Bung Karno. Baik postur tubuh, mimik muka dan sebagainya.

    “Saya harus banyak melihat referensi perwajahan Bung Karno. Sedikitnya ada 50 foto saya jadikan perbandingan,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button