DenpasarSeni BudayaSosialTokoh

Renovasi Pura Batu Arca

DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara meninjau renovasi Pura Batu Arca di kawasan Pelabuhan Benoa, Senin (12/09/2022).

Pembangunan Pura Batu Arca dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III dalam konsep Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang dijadwalkan rampung pertengahan tahun 2023.

Walikota Jaya Negara menyampaikan pengembangan Pelabuhan Benoa dalam konsep BMTH harus mengedepankan kearifan lokal Bali dan berwawasan lingkungan, di bangun dengan nuansa Bali dan tidak mengorbankan kepentingan masyarakat dalam melakukan ritual persembahyangan.

Baca Juga:  Herd Immunity PMK

“Pengembangan Pelabuhan Benoa tidak akan menghalangi masyarakat yang akan melakukan persembahyangan di Pura Batu Arca, bahkan Pura Batu Arca akan menjadi satu kesatuan konsep dengan BMTH,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut Walikota Denpasar menyampaikan Pura Batu Arca diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri karena dapat dilihat langsung dari Jalan Tol Bali Mandara.

Sementara itu Kepala Desa Pemogan, Made Suwirya menyampaikan Pura Batu Arca yang diempon oleh Keluarga Dwi Nusantara dan Koming Setiawan saat ini telah menjadi tempat para pelaut melakukan persembahyangan untuk mengucapkan syukur karena membawa hasil tangkapan dari melaut.

Baca Juga:  Les Bahasa Inggris di Puhu, Siswa Bayar Pakai Sampah

“Masyarakat yang melaut berharap Pura Batu Arca direnovasi menjadi lebih baik agar dapat memudahkan melakukan persembahyangan,” ujar Made Suwirya.(sgt/kb)

Berita Terkait

Back to top button