DenpasarEkonomi Bisnis

Empat Langkah Jitu Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

DENPASAR, Kilasbali.com – Setiap tahunnya, kebutuhan pendidikan anak selalu jadi salah satu kebutuhan yang esensial dengan nominal yang tentunya tidak sedikit. Oleh karena itu, para orangtua sangag disarankan dan perlu mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini, agar tidak merasa kesulitan pada kemudian hari.

Sedikitnya, ada 4 hal atau langkah jitu yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Meliputi, riset dan kalkulasikan kebutuhan biaya, hitung estimasi kebutuhan biaya lainnya, sisihkan penghasilan untuk biaya pendidikan anak, dan amankan dana pendidikan anak.

Langkah pertama, melakukan kalkulasi biaya pendidikan anak, kira-kira berapa rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk belajar di institusi pendidikan anak, biasanya sekolah memberikan rincian biaya pendidikan selama periode tertentu seperti, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Namun, jika tidak, bisa melakukan riset mandiri terkait biaya pendidikan anak secara online di internet maupun di forum-forum orangtua.

Baca Juga:  80 Persen Lebih Penonton Summer Fights 3 Wisatawan Asing

Langkah kedua, ketahui dan sadari biaya pendidikan anak tidak hanya mencakup biaya SPP saja, tetapi ada juga biaya lain yang perlu diperhitungkan seperti biaya seragam, buku, komite, dan lain sebagainya. Estimasi kebutuhan lainnya ini bisa diriset di internet, forum orangtua, atau bertanya pada orangtua lainnya.

Setelah mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk pendidikan anak, langkah ketiga bisa dimulai dengan menyisihkan penghasilan misalnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk tahun depan adalah Rp10 juta. Maka, bisa mulai menyisihkan setidaknya Rp850 ribu setiap bulannya agar biaya yang dibutuhkan tercapai.

Setelah biaya terkumpul sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, saatnya langkah keempat yaitu, mengamankan dana pendidikan anak agar tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Salah satu alternatif bisa melalui DepositoGo, yang hanya dengan bunga deposito 5% p.a untuk pembukaan rekening pertama, yang bisa dilakukan secara online melalui LestariMobile tanpa perlu antri ke bank.

Baca Juga:  Bascomm Gelar Workshop, Hadirkan Melanie McTighe dan Jiri Panek

Hal ini cocok bagi siapapun yang sibuk bekerja sambil mengurus rumah tangga. Bahkan, proses pencairan juga bisa dilakukan sewaktu-waktu dan bebas pinalti, jadi segera buka DepositoGo untuk persiapan dana pendidikan anak tercinta. (Kb/djo)

Berita Terkait

Back to top button