GianyarOlahraga

Suporter Futsal Berkonvoi, KNPI Ancam Diskualifikasi

    GIANYAR, Kilasbali.com – Keresahan masyarakat Gianyar, kususnya para pengguna jalan lantaran aksi konvoi suporter futsal akhirnya disikapi oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gianyar. Sebagai penyelenggara Liga Futsal Pelajar Gianyar 2022 digelar KNPI menegaskan akan mendiskualifikasi tim sekolah yang suporternya berkonvoi hingga mengganggu ketertiban umum.

    Ketua DPD KNPI Gianyar, Komang Bramana Triwibawa, Selasa (20/9) menegaskan, pihaknya akan bersikap atas gangguan yang ditimbulkan oleh aksi konvoi pelajar ini. Diakuinya, banyak gerombolan siswa selama perhelatan yang dimaksudkan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober itu.

    Bahkan dirinya sendiri melihat secara langsung aksi para siswa itu. Bahkan sebelum kegiatan berlangsung, pihaknya bersama Satlantas Polres Gianyar telah memberikan imbauan dan sosialisasi agar siswa menaati aturan lalu lintas.

    “Memang siswa dari beberapa sekolah peserta futsal, membuat resah pengguna jalan di Gianyar saat akan ke atau pulang dari GOR Kebo Iwa. Banyak yang konvoi menggunakan sepeda motor knalpot brong, saat di jalan mengibarkan bendera lambang tim futsal mereka, dan iring-iringan mereka juga menghabiskan badan jalan. Tak hanya itu, para siswa juga banyak yang terlihat tidak menggunakan helm,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Menghilang Empat Hari, Pria Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Saluran Irigasi

    Atas ketidaknyaman ini, pihaknya mengaku sudah menegur beberapa siswa dan menyampaikan ke sekolahnya masing-masing. Dalam memberikan sanksi tegas, pihaknya sudah memiliki mekanisme. Yakni, teguran I dan II.

    Namun jika tetap membandel, apalagi sampai membahayakan keselamatan orang banyak, maka pihaknya pun akan mendiskualifikasi sekolah siswa yang bersangkutan.

    “Kalau teguran tak diindahkan, sanksi terberatnya adalah diskualifikasi sekolah. Artinya, selama dua tahun sekolahnya tidak boleh mengikuti kegiatan ini,” tegasnya.

    Baca Juga:  Curi Motor di Bengkel, Pria Ini Ditangkap Polisi

    Terkait kegiatan Liga Futsal Pelajar Gianyar 2022, Bram menjelaskan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober.

    “Di mana ini juga rangkaian Bulan Bakti Pemuda. Kita ingin memberikan ruang berkreativitas kepada para pemuda di bidang sport, baik pemain futsal maupun bibit-bibit pemain futsal yang ada di tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar,” ujarnya.

    Turnamen ini berlangsung mulai tanggal 18 hingga 25 September 2022. Secara resmi kegiatan telah dibuka Minggu 18 September di GOR Kebo Iwa Gianyar dan dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi, dan undangan lainnya.

    Baca Juga:  Cek Pelayanan ‘Prima’ Kantor Samsat, Kapolres Gianyar: Jangan Persulit Masyarakat

    “Dalam kegiatan ini kita juga bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar,” pungkasnya. (ina/kb)

     

    Back to top button

    Berita ini dilindungi