DenpasarHiburan

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

DENPASAR, Kilasbali.com-Bagi kita yang tinggal di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu tanaman rempah-rempah yang satu ini. Tanaman jahe yang biasa digunakan sebagai minuman, bumbu dapur dan juga sebagai tanaman obat tradisional.

Jenis tanaman jahe juga bermacam-macam. Ada jahe merah, jahe putih, jahe emprit, jahe gajah dan masih banyak lagi. Harga tiap jenisnya juga berbeda-beda dan bervariasi.

Sudah bukan rahasia lagi kalau tanaman jahe memang kaya akan manfaat kesehatan karena hal inilah jahe banyak dicari orang-orang. Apa saja manfaatnya? Mari kita baca selengkapnya di bawah ini.

7 Manfaat Jahe yang Menyehatkan

1. Menurunkan kolesterol
Menurut beberapa penelitian jahe mempunyai khasiat mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya yaitu dengan merebus jahe dan sereh. Sebelum direbus jahe dan sereh harus dimemarkan lebih dulu lalu rebus sampai mendidih.

Aroma rebusan jahe dan sereh yang wangi juga bisa membuat mood kita membaik. Minum air rebusan jahe dan sereh hangat-hangat. Kita juga bisa menambahkan sedikit gula agar rasanya lebih manis dan nikmat saat diminum.

Baca Juga:  Dongkrak Bangga Kencana

2. Membantu mencegah kanker
Penyakit kanker adalah penyakit serius dan memiliki resiko kematian yang tinggi. Kandungan dalam jahe putih mampu membantu mencegah kanker karena dalam jahe putih mengandung zat anti kanker.

Jahe putih juga bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa jenis penyakit kanker ringan.

3. Mampu menyembuhkan batuk
Khasiat jahe untuk tubuh selanjutnya yaitu mampu menyembuhkan batuk. Caranya cuci bersih jahe lalu iris tipis-tipis. Selanjutnya rebus jahe bersama gula merah secukupnya sampai mendidih.

Selagi hangat minum rebusan jahe dan gula merah tadi. Untuk hasil maksimal minumlah sehari 2x tiap pagi dan sore.

Baca Juga:  World Walking Day

4. Membantu meredakan nyeri
Kandungan gingerol dan fenol pada jahe dapat membantu meredakan nyeri pada saat perempuan menstruasi, iritasi lambung dan cedera pada saat berolahraga.

Hal ini dikarenakan kandungan gingerol dan fenol pada jahe adalah senyawa kimia yang mengandung anti nyeri sehingga mampu meredakan nyeri.

5. Memperkuat sistem imun
Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini bisa membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun.

Kandungan senyawa kimia gingerol pada jahe juga berfungsi sebagai antioksidan pada tubuh dan pastinya bisa memperkuat sistem imun tubuh kita.

6. Menghilangkan mual
Buat kamu yang sering mabuk kendaraan ada baiknya untuk membawa jahe bisa dalam bentuk minuman jahe atau permen jahe karena rasa dan aroma jahe mampu meredakan bahkan menghilangkan rasa mual.

Baca Juga:  Ny Cok Ace Dorong Sinergitas Organisasi Wanita

Mengkonsumsi jahe secara rutin juga efektif untuk ibu hamil karena mampu meredakan mual dan mencegah muntah.

7. Melegakan tenggorokan
Tanaman jahe juga memiliki khasiat untuk pernafasan. Senyawa kimia pada jahe yaitu zingeron mampu melegakan tenggorokan. Selain itu rasa pedas pada jahe juga berkhasiat untuk menghangatkan tenggorokan.

Cobalah untuk meminum air jahe secara rutin sebelum tidur maka kita akan merasakan manfaatnya.

Dari banyaknya manfaat yang terkandung pada tanaman jahe, ternyata harga jahe sendiri bisa dibilang sangat terjangkau. Harga jahe 1 kg berkisar Rp15.000 sampai Rp20.000 tergantung jenisnya. Untuk jenis jahe emprit harganya berkisar antara Rp20.000 sampai Rp25.000.

Kita bisa membelinya secara online di Blibli.com dengan harga dan kualitas terbaik. Sekian artikel tentang 7 manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih. (m/*KB).

Berita Terkait

Back to top button