Ekonomi Bisnis

Viva Cosmetics Konsisten Dukung Industri Kreatif di Kancah Internasional

DENPASAR, Kilasbali.com – Direktur Distribusi Viva Cosmetics Indonesia Timur Yusuf Wiharto menegaskan, sebagai pelopor kosmetik di Indonesia yang telah berusia 60 tahun, pihaknya merasa punya tanggung jawab besar untuk konsisten mendukung inkemajuakreatif di kancah internasional. Serta selalu peduli demi kemajuan para desainer Indonesia agar dapat berkiprah di tingkat dunia.

”Semoga melalui event-event internasional seperti “Paris Front Row 2022” dapat meningkatkan brand awareness masyarakat bahwa produk made in Indonesia’ seperti Viva Cosmetics ini juga punya mutu dan kualitas yang baik, sehingga dapat diterima di dunia internasional,” harap Yusuf Wiharto, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, Viva Cosmetics merupakan kosmetik tertua di Indonesia sangat bangga dapat mensupport gelaran “Paris Front Row 2022”. ”Sejak tahun 1962 sampai sekarang, kami selalu konsisten untuk support industri kreatif, termasuk kalangan kawula muda, dengan berbagai macam cara. Seperti yang kami lakukan secara rutin yaitu, mengadakan challenge-challenge kekinian lewat Instagram @vivamd (Viva Cosmetics Muda) sehingga anak-anak milenial ini makin semangat untuk berkarya,” kata Yusuf Wiharto,

Industri kreatif dan kosmetik katanya, harus saling berdampingan, seperti acara
“Paris Front Row 2022” yang berhasil digelar di sebuah kapal pesiar dalam kota yang menyusuri Sungai Seine di Paris. Tujuannya agar potensi desainer Indonesia yang memasuki pasar global dapat dikenal, khususnya di Benua Eropa yang memiliki pengaruh besar terhadap industri fesyen dunia.

Untuk tahun ini, rangkaian acara tersebut terdiri dari fashion showcase, business matching dan pop up store di Paris. “Kami selalu optimistis untuk ke depannya melalui event internasional seperti ini bisa membuka peluang kerja sama bisnis, baik itu dari sisi Viva Cosmetics sendiri maupun para desainer Indonesia,” tegas Yusuf Wiharto.

Saat kegiatan “Paris Front Row 2022,” Viva Cosmetics menerjunkan 3 make up artist (MUA) andalan yaitu, Mariyani Agustini, Hilga Dwi Pambudi, dan Setyo Harysoesanto. ”Jujur, ini tantangan baru bagi saya, karena harus pakai one brand Viva Cosmetics. Selain itu, juga dituntut cepat, arena dalam waktu 4 jam, saya bersama tim harus make up & hair do 32 model,” tutur pemilik akun instagram @hilgadoui itu.

Baca Juga:  Belajar dari Pameran Kriya Nusa

Namun katanya, tantangan baru tersebut justru membuatnya takjub dengan kualitas produk Viva Cosmetics seperti, Viva Queen Perfect Look CC Foundation, ternyata sangat mudah untuk diblend. ”Tidak perlu effort yang keras ketika diblend di kulit, langsung menyatu,” jelas Hilga yang berpengalaman merias artis ternama Indonesia seperti, Celine Evangelista, Ariel Tatum, hingga Yasmin Napper.

Baca Juga:  Primo Rasendriya Rilis Album Perdana Berjudul "Kisah Sempurna"

Untuk kesekian kalinya, brand asal Indonesia kembali unjuk gigi di kontestasi dunia. Kali ini, Viva Cosmetics, produk kecantikan legendaris asli Surabaya ini berhasil didapuk sebagai “Official Make Up & Hair Do” dalam gelaran bergengsi “Paris Front Row 2022” yang diinisiasi oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) pada 3-4 September 2022 lalu.

Acara yang diselenggarakan di Paris tersebut sukses membawa nama harum Indonesia di kancah internasional dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting. Di antaranya, Mufidah Jusuf Kalla, Duta Besar Indonesia untuk Prancis Muhammad Oemar, serta Dubes untuk Unesco dari Philiphina, Singapore, Srilanka, Namibia, Nigeria, dan Arab Saudi.

National Chairman IFC Ali Charisma menambahkan, secara umum pelaksanaan “Paris Front Row 2022” sesuai target, bahkan melebihi ekspektasi. Stakeholder, buyer, media, dan influencer di Eropa turut hadir dan mengapresiasi positif terhadap karya-karya desainer Indonesia.

”Mungkin kerja sama atau transaksi bisnis tidak harus instan sekarang, tetapi potensial bekerjasama jangka panjang. Seperti perwakilan dari Who’s Next dan Tranoi, pameran dagang fesyen B2B terbesar di Eropa, yang hadir dan terbuka
potensi kerja sama dengan mereka ke depan. Dari pengalaman ini, kami optimis desainer dan brand fesyen Indonesia dapat memperkuat produk dan bisnisnya untuk diterima di pasar Eropa,” ujar Ali Charisma.

Baca Juga:  World Walking Day

Seremoni “Paris Front Row 2022” di La Galerie Bourbon, Paris diresmikan oleh Dubes RI untuk Republik Prancis Mohamad Oemar, yang menyatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris mendukung penuh perhelatan ini untuk mempromosikan potensi industri fesyen Indonesia ke pasar dunia melalui Eropa yang memiliki berbagai kota pusat mode dunia.

Dengan dukungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI acara “Paris Front Row 2022” dapat memberikan citra positif untuk Indonesia sebagai negara dengan pelaku UMKM sektor fesyen yang kreatif dan inovatif dalam menawarkan hal-hal terbarukan.

Adapun para desainer yang terlibat dalam event tersebut antara lain, Novita Yunus, Sofie X Rose.Ma.Lina, Nina Nugroho, Mida Gita Fitria, Lisa Fitria, Lenny Agustin, Ali Charisma, Deden Siswanto, juga Hikmat Fashion, BBPPMVP BISPAR X SMKN 3 Malang, Nura Boutique by Oewi Wahyono, Rumah Kebaya Vielga, Tenun Gaya by Wignyo, LAELYIND, dan ISWI Fashion Academy. (Kb/djo)

Berita Terkait

Back to top button