GianyarNews UpdatePariwisataSeni Budaya

Delegasi G20 Kunjungi dan Beli Oleh-oleh

Lihat Proses Pembuatan Kerajinan Perak Secara Tradisional

    GIANYAR, Kilasbali.com – Hajatan KTT International menjadi berkah bagi pariwisata Bali, khususnya Gianyar. Informasi menyebutkan, para delegasi G20 ini mengunjungi sejumlah tempat wisata di Bumi Seni ini.  Mulai Tirta Empul, Monkey Forest, Museum Blanco, dan lainnya. Tidak hanya ke tempat wisata, mereka juga mengunjungi sentra UMKM dan tak lupa membeli oleh-oleh.

    Pantauan, Sabtu (24/9) puluhan orang dari 10 negara peserta G20 mengunjungi kerajinan UMKM Desa Celuk Sukawati. Mereka diterima di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Celuk Sukawati Gianyar. Disambut hangat Perbekel Desa Celuk Nyoman Rupadana bersama tokoh masyarakat setempat.

    Baca Juga:  Menghilang Empat Hari, Pria Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Saluran Irigasi

    Dalam kesempatan tersebut, delegasi negara tersebut melihat proses pembuatan kerajinan berbahan dasar perak secara tradisional atau masih menggunakan hand made. Mereka mendapatkan edukasi langsung dari ketua Celuk Design Center (CDC), I Made Mega Yasa.

    Tidak hanya melihat para delegasi juga membeli beberapa barang kerajinan untuk dibawa ke negaranya. Mereka tertarik dengan desain ukiran yang diciptakan oleh para perajin hanya dengan menggunakan tangan.

    Baca Juga:  Dibayangi Kematian Mendadak! Peternak Bebek di Gianyar Was-was

    “Didampingi staf Kementerian Pendistribusian Republik Indonesia melihat dan belajar pembuatan kerajinan dengan bahan dasar perak untuk UMKM. Mereka membeli beberapa barang kerajinan sebagai souvenir ke negara mereka,” ujar ketua CDC Celuk.

    Selain melakukan kunjungan ke pusat kerajinan perak di Desa Celuk. Para delegasi juga  mengunjungi Museum Blanco Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. Mereka menikmati sejumlah lukisan seniman Antonio Blanco.

    Dalam kunjungan tersebut, polsek Sukawati melakukan pengamanan ketat. Kapolsek Sukawati AKP Dicky Hendra, mengatakan, melalui bhabinkamtibmas Desa Celuk AIPTU I Made Latra, mengatakan dalam pengamanan di backup personel jaga gabungan Piket fungsi. “Kegiatan berjalan aman dan lancar,” ujarnya. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi