CeremonialDenpasarEkonomi BisnisSeni BudayaTokoh

IAI Bali Award 2022, Cok Ace Dorong Penguatan Arsitek Lokal

DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mendorong penguatan arsitek lokal Bali dan mengajak mereka membuat benteng untuk rumah sendiri.

Ajakan itu disampaikan Cok Ace saat membuka Malam Penganugerahan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Bali Award Tahun 2022 di Ruang Taksu Gedung Dharma Alaya Denpasar, Sabtu (24/9).

Cok Ace mengatakan, revolusi industri yang terjadi dewasa ini membawa tantangan baru yang sangat berpengaruh serta membawa perubahan pada tatanan kehidupan masyarakat Bali.

Baca Juga:  Bangli Optimis Hasil SSGI Memuaskan

Ia menyebut, arsitektur menjadi bidang yang tak luput dari pengaruh tersebut. Banyaknya penduduk pendatang, wisatawan asing hingga perencana asing yang masuk ke Bali, membawa pengaruh bagi perkembangan arsitektur khas Bali.

Menyikapi situasi ini, Cok Ace mendorong penguatan peran para arsitek lokal Bali. “Arsitek lokal kita dituntut makin kuat dan bisa membuat benteng untuk rumah sendiri,” ucapnya.

Yang dimaksudkannya adalah, arsitek lokal Bali diharapkan mampu menjaga kelestarian arsitektur Bali dan tak terlalu tunduk pada tuntutan pasar.

Baca Juga:  Tangkapan Lobster Jadi Berkah Akhir Tahun

Ia menyadari, arsitektur Bali bukanlah suatu yang mudah dijaga dan dipahami. Dengan keunikannya, arsitektur Bali bukan sekadar bagaimana membuat gedung sebagai tempat berlindung dari hujan dan terik matahari.

Lebih dari itu, lanjut dia, arsitektur Bali merupakan artefak peradaban yang setiap unsurnya mengandung nilai filosofi luar biasa.

Mengingat pentingnya upaya menjaga kelestarian arsitektur Bali, Cok Acde menyarankan agar pada pelaksanaan tahun berikutnya, IAI Bali Award mempertimbangkan untuk memberikan penghargaan pada arsitek yang mampu mengadopsi tradisi arsitektur Bali dalam karya-karya mereka. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button