GianyarNews Update

Jelang Porprov, Areal GOR Kebo Iwa Disterilkan

    GIANYAR, Kilasbali.com – Menyongsong Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali yang digelar November 2022 ini, Gianyar kebagian tuan rumah untuk empat cabang olah raga.  Areal Gedung Olah Raga (GOR) Kebo Iwa, yang dipastikan menjadi venue beberapa Cabor pun harus steril. Sementara hingga kini Gor masih dikepung puluhan pedagang karena dijadikan Lokasi Pasar Senggol sejak Pembangunan Pasar Rakyat Gianyar.

    Dari informasi yang diterima, Senin (26/9), KONI Gianyar sudah melakukan sejumlah langkah persiapan. Bahkan sebelum digelar Musorkab KONI Gianyar, saat masih dipimpin oleh Pande Made Purwata, KONI sudah bersurat ke Bupati Gianyar.

    Baca Juga:  Begini Solusi Dualisme Pasar Senggol Gianyar

    KONI meminta areal GOR Kebo Iwa disterilkan atau dikembalikan sebagaimana sebelumnya.

    Karena standarisasi Porprov, venue yang digunakan tidak ada pembangunan baru dan memanfaatkan fasilitas yang ada. Sementara di Gianyar hanya GOR Kebo Iwa yang paling layak.  Hanya saja kini di sisi parkir masih dimanfaatkan sebagai Pasar Senggol yang dikelola oleh Desa Adat Gianyar.

    Kadis Pemuda dan Olahraga Gianyar, AA Gde Agung mengakui jika pihak koni sudah sejak awal bersurat ke Bupati Gianyar perihal sterilisasi Kawasan GOR Kebo Iwa. Hanya saja, karena Pemkab masih mempersiapkan tempat relokasi, sterilisasi belum bisa dilaksanakan.

    Baca Juga:  Terobosan Sistem Tol Non Tunai Nirsentuh Pertama di Indonesia

    “Intinya Pemkab Gianyar meminta waktu. Namun Bapak Bupati menegaskan saat pelaksanaan Porprov, areal GOR Kebo Iwa sudah harus steril,” ungkap Pejabat asal Puri Agung Bitera ini.

    Terkait areal eks Hardys yang sempat dihembuskan jadi alternatif tempat pasar senggol, diakuinya sedang dipersiapkan. Namun Pemkab masih melakukan kajian untuk memastikan aspek estetika hingga ramah lingkungan terjaga.  Sehingga persiapannya pun harus melalui tahapan.

    Baca Juga:  Rekomendasi Turun Untuk Aman dan Dukung Gusungan PDI Perjuangan Se- Bali

    “Alternatifnya memang di Lahan Eks Hardys yang kini masih kosong. Entah sifatnya akan permanen atau tidak masih dalam kajian,” tambahnya.

    Sebagaimana diketahui, dalam pelaksanaan Porprov Bali 2022 ini, seluruh Kabupaten dan kota adalah tuan rumah. Sedangkan Gianyar, kebagian tuang rumah di Cabang olahraga kempo, mauthay, tenis meja, dan tarung derajat. Keempat cabor ini, sudah berulang kali digelar di GOR kebanggaan Gianyar tersebut. (ina/kb)

    Back to top button