BulelengNews Update

Hari Kontrasepsi Sedunia, BKKBN Bali Gelar Pelayanan KB Gratis

    BULELENG, Kilasbali.com –  BKKBN Bali bersama jajaran Kodim 1609 Buleleng dan Dinas PPKBP3A Kabupaten Buleleng mengikuti kegiatan Teleconference Pelayanan KB serentak secara live streaming bersama Panglima TNI, Ibu Ketua Dharma Pertiwi dan Kepala BKKBN di Klinik Klinik Ganesha, Gerokgak, Buleleng pada Kamis (29/9).

    Kegiatan ini dilaksankaan dalam rangka momentum Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia yang diintegrasikan dengan kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu (TMKK) tahun 2022.

    Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 26 September. Sesuai dengan namanya peringatan ini ditujukan untuk mengedukasi pentingnya penggunaan alat kontrasepsi.

    Ini menjadi bagian penting dalam keputusan bersama pasangan dalam sebuah keluarga. Salah satu visi yang dikampanyekan pada tahun ini adalah pentingnya merencanakan kehamilan atau kelahiran yang diharapkan dengan meningkatkan kesadaran akan penggunaan alat kontrasepsi serta menjaga kesehatan reproduksi.

    Baca Juga:  Suara Festival Hadirkan Surga Tersembunyi di Nuanu City

    Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Perwakilan BKKBN Bali, Debby Martha Legi menyampaikan bahwa TNI sebagai mitra kerja BKKBN terus mendukung BKKBN dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana, salah satunya melalui kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana-Kesehatan Terpadu (TMKK) Tahun 2022 yang telah berlangsung sejak Agustus sampai dengan September 2022. Kegiatan ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia dengan target capaian pelayanan KB kepada 2,8 juta akseptor secara nasional.

    Dalam rangka percepatan pencapaian target tersebut, maka diperlukan berbagai upaya percepatan dal dalam pelayanan KB, sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

    “Provinsi Bali sendiri mendapatkan target sebesar 38.745 akseptor dalam waktu 2 bulan,” ujarnya.

    Baca Juga:  Cek Pelayanan ‘Prima’ Kantor Samsat, Kapolres Gianyar: Jangan Persulit Masyarakat

    Ditambahkan pula, Provinsi Bali sampai hari ini baru mencapai target 63,42%, sementara Kabupaten Buleleng sendiri telah melampui target yang ditetapkan, yaitu 193,41% dari target 4.252 Akseptor.

    “Kami ucapkan terima kasih kepada Kodim, Dinas PPKBP3A beserta jajaran atas dukungannya dalam kegiatan pelayanan KB ini, sehingga mampu mendongkrak capaian Bali. Kami berharap dalam sisa waktu ini kabupaten lain dapat menyusul” tambahnya.

    Sementara Komandan Kodim, Letkol Arh Tamaji, menyampaikan Kodim siap berkolaborasi dengan BKKBN dalam setiap Program pemerintah.

    Dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan KB Serentak ini, pihaknya telah mengerahkan jajarannya untuk bergerak ke desa-desa dan bersinergi dengan Kepala Desa dan juga tenaga Kesehatan di lapangan untuk melakukan penggerakan kepada masyarakat dalam pelayanan KB.

    “Puji Syukur Buleleng menjadi nomor satu dalam capaian pelayanan KB secara provinsi. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh personil yang sudah mendukung pelayanan KB. Berkat kerja kita bersama-sama, kita mampu mencapai target yang diberikan,” ujarnya.

    Baca Juga:  Masuk Bursa Cabup Tabanan, Ngurah Panji Tunggu Instruksi Partai

    Pada kesempatan ini turut dihadiri tamu undangan yakni Komandan Kodim 1609 Buleleng, Ketua Dharma Pertiwi Kodim 1609 Buleleng dan Mitra Kerja terkait serta pada pelayan KB gratis kali ini dihadiri oleh setiap ibu-ibu Desa setempat serta Camat Gerokgak juga turut hadir meninjau pelaksanaan pelayanan KB serta mengucapkan terima kasih atas layanan KB gratis yang diberikan kepada masyarakatnya, dimana masyarakat Desa pun cukup antusias terhadap program ini. (jus/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi