DenpasarNews Update

Pemkot Denpasar Respon Cepat Penanganan Banjir

    DENPASAR, Kilasbali.com – Hujan yang melanda Kota Denpasar sejak Sabtu (8/10/2022) pagi menyebabkan banjir di beberapa titik. Pemkot Denpasar pun langsung mengambil langkah cepat penanganan. Bahkan, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara turun langsung memastikan penanganan banjir agar segera tertangani.

    Tampak hadir mendampingi Walikota, Sekda IB. Alit Wiradana, Kadis PUPR AA. Airawata, Kalaksa BPBD IB. Joni Ariwibawa, Kadis Sosial IGA. Laxsmi Saraswati, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai dan Camat Denpasar Barat IB. Purwanasara.

    Selain kawasan Jalan Pura Demak, beberapa lokasi juga terpantau terjadi genangan, seperti Jalan Tukad Irawadi, Jalan Sedap Malam, Sanur, Jalan Imam Bonjol Gang Air Mancur, Banjar Tenten, SDN 21 Dauh Puri, Jalan Kertapura VII, Jalan Siulan, dan Jalan WR. Supratman Gang V Tohpati. Selain itu, terdapat pula peristiwa kebencanaan lainya seperti pohon tumbang yang sudah dalam penanganan.

    Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, memasuki penghujung tahun memang identik terjadi hujan dan cuaca ekstrim. Karenanya, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

    Baca Juga:  Cek Pelayanan ‘Prima’ Kantor Samsat, Kapolres Gianyar: Jangan Persulit Masyarakat

    “Akhir-akhir ini intensitas hujan meningkat, masyarakat kami imbau untuk selalu waspada,” ujar Jaya Negara.

    Dikatakan Jaya Negara pasca hujan, beberapa titik di Kota Denpasar terpantau banjir. Hal ini dikarenakan adanya saluran air yang tersumbat serta daya tampung saluran air yang melebihi batas.

    “Jadi karena kita di hilir, intensitas hujan yang meningkat, terlebih di hulu dan hilir membuat saluran air penuh, kondisi inilah yang membuat terjadinya genangan di beberapa titik, namun sudah kita tangani,” jelasnya.

    Baca Juga:  Ini Dia Juara PLN Journalist Awards 2023 untuk Peliputan di Bali

    Pihaknya mengatakan, dalam penanganan kali ini berbagai pihak turut terlibat. Termasuk DPUPR Kota Denpasar, DLHK Kota Denpasar, Dinas Sosial Kota Denpasar, Basarnas, TNI/Polri dan BWS Bali Penida. Dimana, penanganan dilaksanakan dengan menerjunkan dua unit mesin pompa besar, dan masing-masing pompa kecil yang tersebar di beberapa titik. Juga turut diserahkan bantuan selimut, pakaian, handuk dan makanan bagi masyarakat yang rumahnya terdampak banjir.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gandeng Bulog, Siapkan 32 Ton untuk Operasi Pasar

    “Hingga siang hari kita pantau sudah mulai surut, semoga bisa tuntas hari ini, dan banjir bisa terkendali,” ujarnya sembari mengajak masyarakat untuk bersama-sama tidak membuang sampah ke saluran air.

    Sementara Kadis Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati mengatakan, dalam menyikapi banjir di beberapa titik wilayah Kota Denpasar ini pihaknya telah menerjunkan relawan. Hal ini khususnya guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

    “Karena rumahnya terkena banjir, otomatis kegiatan terganggu, sehingga kami laksanakan progran Food Recue dengan memberikan bantuan makanan atau nasi bungkus sebanyak 250 bungkus, semoga bermanfaat hingga nanti banjir tertangani dan masyarakat dapat kembali ke rumahnya,” jelasnya.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi