DenpasarEkonomi BisnisSeni BudayaSosialTokoh

Dekranasda NTB Kunjungi IKM Bali Bangkit

    DENPASAR, Kilasbali.com – Ketua Dekranasda Bali, Ny. Putri Koster Menerima Kunjungan Ketua Dekranasda NTB, Ny. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah beserta rombongan di IKM Bali Bangkit Art Centre Denpasar, Sabtu 8 Oktober 2022.

    Dekranasda NTB melakukan studi banding tentang kegiatan Dekranasda Bali serta mengunjungi pelaksanaan IKM Bali Bangkit yang dilaksanakan oleh Dekranasda Bali.

    Putri Koster menuturkan, IKM Bali Bangkit awalnya merupakan wadah bagi IKM dan UMKM di Bali untuk bangkit kembali pascapandemi Covid-19. Namun seiring berjalannya waktu IKM Bali Bangkit dinilai dapat meningkatkan penghasilan IKM dan UMKM di Bali. Bahkan menurut Bunda Putri penghasilan rata-rata dari seluruh tenant di IKM Bali Bangkit mencapai lebih dari 2 milyar rupiah per bulannya.

    3. Hal tersebut tentu membuat istri Gubernur NTB yang juga merupakan Ketua Dekranasda NTB tersebut tercengang. Bahkan ia meminta kiat-kiat untuk mengangkat pengrajin lokal yang ada di daerah karena pasalnya pengrajin biasanya terkendala di saat memasarkan produk mereka.

    Baca Juga:  Sinergi BKKBN Bali dan BKL Gelar Orientasi PJP Bagi Lansia

    “Pada dasarnya Bali menghadapi hal yang sama. Namun Pemerintah Provinsi Bali berupaya bersinergi untuk membangkitkan kembali produk lokal Bali khususnya kain tenun tradisional Bali,” ujarnya.

    “Salah satunya adalah dengan adanya edaran Gubernur Bali mengenai penggunaan kain tradisional endek Bali setiap hari selasa serta penggunaan pakaian adat Bali setiap hari kamis yang sangat berdampak pada peningkatan penggunaan kain endek tradisional Bali,” katanya.

    Putri menyarankan agar Dekranasda NTB mengangkat ciri-ciri khas dari kerajinan seni yang ada di NTB. “Kalau Lombok Barat mungkin sudah Bali banget, mungkin bisa angkat daerah lain seperti Bima atau Sumbawa khususnya motif-motifnya. Tekniknya mungkin bisa dipelajari namun motif tentu berbeda antara setiap daerah,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Petani Bali Diajak Bercocok Tanam Mandiri Gunakan Eco Enzyme

    Sementara itu, Dekranasda Provinsi NTB  mengapresiasi pameran Kriya IKM Bali Bangkit. Bahkan Ny. Zulkieflimansyah berencana akan bekerjasama dan berkolaborasi dengan Dekranasda Bali serta berjanji akan berpartisipasi dalam pembukaan IKM Bali Bangkit Tahap IX pada Nopember nanti. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi