GianyarNews Update

Pohon Bertumbangan, Mobil Parkir Tertimpa

GIANYAR, Kilasbali.com – Usai menimbulkan Banjir dan longsor di sejumlah Kabupaten dan kota, hujan deras yang masih berlanjut juga menimbulkan pohon bertumbangan di Gianyar.

Senin (12/10), tercatat pohon tumbang menimpa sebuah mobil parkir serta tumbangan pohon melintangi jalan di sejumkah titik

Dari data yang dihimpun, sebuah pohon jenis ancak tumbang di depan Lapangan Tenis di Jalan Astina Selatan, tak jauh dari Kantor Camat Gianyar, Senin (10/10).

Akibatnya bangunan lobi, warung, serta kendaraan ada di areal Lapangan Tenis tersebut mengalami kerusakan akibat ditimpa pohon yang tumbang.

Kejadiannya sekitar pukul 07.15 wita dan sempat direkam oleh warga. Pohon yang berukuran cukup besar itu tiba-tiba roboh dan menimpa warung milik I Nyoman Darwis Susila Kembar yang ada di areal Lapangan Tenis.

Atas kondisi tersebut, pemilik warung kemudian mencoba menyelamatkan diri agar terhindar dari pohon tumbang tersebut.

Baca Juga:  BKOW Bali Studi Tiru ke DIY

Disisi lain, suara gemuruh yang dari pohon yang tumbang juga mengejutkan beberapa orang warga yang tengah bermain tenis.

Peristiwa itu selanjutnya dilaporkan kepada pihak kepolisian dan BPBD Gianyar.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta menjelaskan bahwa setelah menerima laporan, TRC BPBD Gianyar bersama jajaran kepolisian langsung turun ke TKP untuk menangani pohon yang tumbang tersebut.

“Kita turun membersihkan pohon tersebut dengan alat potong berupa mesin senso,” tegasnya.

Ditambahkannya jika pohon tersebut diduga tumbang akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Gianyar sejak Minggu malam disertai dengan usia pohon yang sudah tua.

Baca Juga:  Kasus Bunuh Diri di Gianyar Terus Bertambah

“Pohon yang tumbang ini sempat membuat arus lalu lintas tersendat, namun beruntung tidak ada korban jiwa meskipun pohon tumbang ini menimbulkan kerugian material,” sebutnya.

Kerugian material yang dimaksud diantaranya kerusakan warung kopi milik I Nyoman Darwis Susila Kembar yang diperkirakan mencapai Rp 5 juta, kemudian kerusakan bangunan Lobi Lapangan Tenis Gianyar milik Pemkab Gianyar yang diperkirakan mencapai Rp 20 juta.

Serta kendaraan roda empat bernomor DK 1623 ABO, jenis Sedan minibus warna silver mengalami rusak berat dengan kerugian materiil belum diketahui.

Sayangnya pemilik kendaraan itu belum diketahui dimana berdasarkan keterangan saksi bahwa mobil tersebut sudah lebih satu bulan terparkir di lokasi itu.

Baca Juga:  Hakordia 2022, Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi

Dihari yang sama dan waktu yang berdekatan, sebuah pohon juga tumbang menimpa tembok penyengker Pura Merajan Gede Satria I Dewa Pagedangan di Banjar Kacagan, Desa KeTewel, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Adapun pohon jenis Sukun berdiameter 50 cm dengan tinggi mencapai 4 meter itu tidak menimbulkan korban jiwa hanya saja menyebabkan korban mengalami kerugian mencapai Rp 25 juta.

Sementara laporan dari jalan Pantai Purnama,  Pohon Perindang tumbang Dengan Diameter sekitar 60 cm.

Akses jalan menuju pantai pun sempat terputus sehinga petugas BPBD langsung melakukan penanganan.

Hingga kini hujan deras masih mengguyur wilayah Gianyar dan petugas BPBD dalam posisi siaga bencana. (inaxkb)

.

Berita Terkait

Back to top button