DenpasarSeni BudayaTokoh

Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pelaksanaan lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal yang berlangsung sukses dengan menetapkan sebanyak 4 pemenang untuk Lomba Bapang Barong Ket dan sebanyak 4 pemenang untuk lomba Mekendang Tunggal.

    Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, dan Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara menghadiri pelaksanaan lomba di hari ketiga sekaligus menutup dan menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba, Sabtu (22/10/2022) malam.

    Baca Juga:  Ini Upaya Pemkot Denpasar Tekan Inflasi di Bulan Ramadan

    Penyerahan hadiah yang dirangkai dengan pemutaran film dokumenter dan pementasan Tari Legong Bapang Durga yang dulu biasa ditarikan “Ni Polok” salah satu legenda tari Bali dan kali ini di tarikan oleh maestro Ni Ketut Arini.

    Walikota Jaya Negara mengatakan Pemkot Denpasar menggelar Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal guna memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian sebuah kesenian sakral khususnya tari barong yang ada di Kota Denpasar.

    Baca Juga:  Tradisi Melasti Se-Desa Adat Blahbatuh

    Jaya Negara menjelaskan nantinya para pemenang lomba, utamanya tiga besar terbaik, akan diberikan pembinaan lanjutan. Hal ini dalam rangka mempersiapkan seniman muda Kota Denpasar untuk menjadi Duta Kota Denpasar pada gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) serta kompetisi lainnya.

    Sementara Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara mengaku gembira lantaran Lomba Bapang Barong dan Mekendang ini mendapat respon besar dan tinggi dari anak muda dan pecinta seni bebarongan di Kota Denpasar.

    Menurutnya, lewat lomba ini Kota Denpasar akan memiliki kader-kader penari barong yang handal untuk ditampilkan pada forum bergengsi di masa depan.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi