BangliCeremonialTokoh

Peringatan HPS di Bangli, Cok Ace Ingatkan Pentingnya Ketahanan Pangan

    BANGLI, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-42 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan di Alun-Alun Kota Bangli, Selasa, 25 Oktober 2022.

    Dia menyampaikan bahwa kekuatan paling penting bagi sebuah negara adalah kemampuan untuk menyediakan bahan pangan bagi rakyat secara berkesinambungan. Ia menyebut, peringatan HPS adalah momentum yang tepat untuk mengingatkan hal tersebut.

    Baca Juga:  Karya IBTK Pura Agung Besakih, Pj Gubernur Bali Sampaikan Ini

    Lebih jauh ia mengungkap, kemampuan suatu negara untuk memenuhi kebutuhan pangan dapat dimulai dengan memberdayakan kelompok terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga. Oleh sebab itu, ia mendorong setiap keluarga memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan kosong sebagai tempat budidaya komoditi bahan pangan lokal yang tak membutuhkan banyak tempat seperti cabai, sayur mayur dan beberapa jenis buah.

    Terlebih lagi, belakangan teknologi modern di bidang pertanian makin berkembang dan menawarkan banyak kemudahan dalam bercocok tanam. “Banyak media tanam yang ditawarkan bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan pekarangan luas, contohnya hidroponik atau media tanam modern lainnya,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Atasi Stunting 'Berkunjung dan Berbagi', Rai Wahyuni Sanjaya Berkolaborasi dengan Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali

    Ditambahkan olehnya, upaya bercocok tanam merupakan sebuah alternatif mudah dan murah dalam menyediakan kebutuhan pangan skala kecil lingkup keluarga. Bahkan jika digarap serius dan hasilnya melimpah, kegiatan bercocok tanam ini bisa mendatangkan manfaat ekonomi.

    “Lebih dari itu, pemanfaatan pekarangan juga diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat pada komoditi pangan impor dan menjamin ketersediaan pangan daerah,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi