DenpasarNews Update

Pemerintah Komit Green Energi, Terapkan Kendaraan Listrik Pada G20

DENPASAR, Kilasbali.com  – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali menjadi ajang pamer kendaraan listrik bagi Indonesia. Kendaraan listrik akan menjadi kendaraan utama bagi para delegasi KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang.

Pratikno mengatakan bahwa penggunaan kendaraan listrik pada KTT G20 merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menerapkan Green Energi untuk menuju Net Zero Emission.

“Bagi kami, G20 adalah momentum yang sangat bagus untuk menunjukkan bahwa kami bergerak untuk energi bersih, bergerak untuk ekonomi hijau, terutama untuk mengembangkan ekosistem untuk manufaktur kendaraan listrik,” Ujar Pratikno,.

Di sisi lain, Menhub Budi Karya mengatakan, Pemerintah akan memfasilitasi berbagai infrastruktur kendaraan listrik sebagai upaya untuk melakukan akselerasi energi terbarukan melalui pengembangan kendaraan listrik untuk mewujudkan Indonesia bebas emisi karbon.

“Ini bukti nyata dukungan terhadap upaya pemerintah memasifkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Komitmen ini kita tunjukkan saat Presidensi Indonesia pada G20. Semoga ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selanjutnya ini akan diikuti dengan penggunaan kendaraan listrik bagi masyarakat umum secara masif,” Jelas Menhub Budi Karya

Dalam rangka mendukung transisi energi terbarukan, PT Hyundai Motors Indonesia resmi menyerahkan 393 unit mobil listrik kepada Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg) untuk kendaraan resmi G20 Summit.

Baca Juga:  Dalami Ranperda Inisiatif P4GN Undang Pakar Hukum Adat

President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters Se Young Tack Lee, mengatakan, untuk mendukung kegiatan KTT G20 di Bali mendatang, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akan memberikan kendaraan mobil listrik untuk para delegasi KTT G20.

“Dukungan penyediaan mobil listrik Hyundai dan Genesis sebagai kendaraan resmi delegasi G20 menjadi bukti dari komitmen kami sebagai perusahaan otomotif yang mendukung akselerasi mobilitas dan era elektrifikasi di Indonesia,” ujar Se Young Tack Lee.

Tidak hanya PT Hyundai Motors Indonesia, PT Ilectra Motor Group (IMG) yang merupakan anak perusahaan PT Indika Energy Tbk (INDY) juga akan mengirimkan kendaraan listrik berupa motor listrik pada ajang perhelatan KTT G20 di Bali.

Baca Juga:  Memberantas Korupsi Harus Mulai dari Diri Sendiri

Purbaja Pantja selaku Direktur dan Group Chief Investment Officer PT Indika Energy Tbk mengatakan, pihaknya akan mengirimkan 20 unit motor listrik Alva One untuk mendukung perhelatan KTT G20 di Bali mendatang.

“Di KTT G20 nanti kita akan ikut. Alva akan kirimkan 20 unit tapi bukan jualan ya kita bantu untuk dipakai saat KTT G20,” kata Purbaja

Baca Juga:  Kemajuan Bangsa Jadi Tanggung Jawab Generasi Penerus

Selanjutnya  Wuling Motors (Wuling) juga akan turut meramaikan kendaraan listrik pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20  dengan  menyediakan 300 unit Air ev untuk digunakan pada gelaran KTT G20 di Bali.

President Director Wuling Motor Shi Guoyong mengatakan, pihaknya akan membantu mendukung gelaran G20 di Bali melalui kendaraan listrik dalam upaya mengurangi emisi karbon menuju Net Zero Emission.

“Kami bangga dapat mendukung KTT G20 di Bali sebagai Official Car Partner. Dukungan ini kami wujudkan dengan menyediakan 300 unit Wuling Air ev yang menjadi pendukung mobilitas ramah lingkungan untuk para delegasi dan organisasi internasional.” Kata President Director Wuling Motors.  (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button