Ekonomi BisnisGianyarNews UpdatePemerintahan

PAD Gianyar Meningkat, 2023 Ditarget Rp 779 M

GIANYAR, Kilasbali.com – Sejak Juli 2022, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Gianyar telah mengalami peningkatan. Ini menandakan program Pemerintah Kabupaten Gianyar akan terus berlanjut bahkan  tahun depan PAD 2023 dirancang Rp 1,3 triliun. Nilai tersebut naik signifikan daripada PAD yang dirancang tahun 2022 ini sebesar Rp 779 miliar lebih.

Bupati Gianyar, I Made Mahayastra menyampaikan itu saat pembacaan jawaban atas Pandangan Umum fraksi-fraksi DPRD terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2023, Selasa (1/11).

Mengawali jawabannya, Bupati Mahayastra mengucapkan terima kasih atas kajian, saran, ataupun pertanyaan yang disampaikan dalam pandangan umum fraksi.

Baca Juga:  Kenakan Pakaian Adat Bali, Bupati Sanjaya Parade Budaya Nusantara

“Terima kasih saya sampaikan atas apresiasi, saran, pemikiran dan pendapat dalam mencermati Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2023,” ujar Bupati Mahayastra saat sidang paripurna bersama DPRD Kabupaten Gianyar, Selasa (1/11)

Menjawab pandangan umum fraksi PDI Perjuangan, seiring dengan kondisi ekonomi yang terus membaik dari bulan Juni sampai September tahun 2022 yang setiap bulannya tercapai PAD rata-rata sebesar Rp80 miliar.

Bupati Gianyar yakin dan optimis bahwa target pendapatan yang direncanakan di tahun 2023 sebesar Rp 1,3 triliun akan tercapai. Salah satu upayanya dengan membentuk tim intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah yang terbagi atas 7 wilayah kerja.

Baca Juga:  Kabar Baik, Restrukturisasi Kredit di Bali Diperpanjang

Selain itu, pendataan potensi juga terus dikembangkan dengan memanfaatkan aplikasi database profil obyek pajak daerah yang sudah terintegrasi.

Mengenai peningkatan pelayanan kesehatan yang dikemukakan oleh fraksi Golkar, Bupati Mahayastra mengatakan sudah menyiapkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat melalui Fasyankes yang ada.

“RS Sanjiwani, sudah menyiapkan pelayanan kesehatan tradisional meliputi layanan akupuntur, prana, dan hipnoterapi,” ujar Bupati Mahayastra.

2 fraksi menyatakan dapat menerima materi Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2023 yaitu dari fraksi Demokrat dan fraksi Indonesia Raya. Bupati Mahayastra mengucapkan terima kasih atas apresiasinya.

Baca Juga:  Delegasi Dunia Memuji Bali

Di akhir jawaban, dirinya meyakini dengan kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gianyar.

“Saya yakin dengan dilandasi suasana kemitraan yang telah terjalin dengan baik selama ini, segala permasalahan yang kita hadapi akan dapat kita atasi bersama yang kesemuanya bermuara pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Gianyar yang kita cintai dan banggakan” Kata Bupati Mahayastra. (ina/kb)

Berita Terkait

Check Also
Close
Back to top button