BadungCeremonialEkonomi BisnisSeni BudayaSosialTokoh

UMKM Sektor Kekuatan Ekonomi

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan satu sektor kekuatan ekonomi yang sangat tangguh dibandingkan dengan sektor lainnya tatkala sektor pariwisata mengalami penurunan. Namun UMKM tetap bergeliat dan eksis.

    Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat acara Bali Jagadhita Culture Week III di Discovery Shopping Mall-Kuta, Jumat (4/11).

    Baca Juga:  Hadiri Karya Pura Kahyangan Setra Dukuh Sakti Tek-Tek Peguyangan, Sekda Kota Denpasar Sampaikan Apresiasi

    “Keberhasilan Indonesia dalam pemulihan ekonomi nasional tidak terlepas dari peran penting pelaku UMKM,” kata Cok Ace.

    Kata dia, tercatat sebanyak 99% lebih pelaku usaha adalah UMKM dengan kontribusi sebesar 60% terhadap PDB nasional dan menyerap tenaga kerja sebesar 97%.

    “Namun demikian UMKM masih diberlakukan sebagai ekonomi subsisten, di mana 99,6% pelaku usahanya adalah usaha mikro,” lanjutnya.

    Baca Juga:  DJP Bali Bulan Januari dengan Penerimaan Pajak Rp1,22 T

    “Saya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini dalam upaya sinergitas penyelenggaraan melalui kegiatan yang dilakukan oleh Bank Indonesia,” pungkasnya.

    Untuk diketahui bahwa acara tersebut, akan berlangsung dari tanggal 4-6 November yang diikuti oleh 35 stand UMKM.

    Selain itu, juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara hiburan yaitu acara musik dari beberapa artis seperti Indra Lesmana, Andien, dan beberapa hiburan lainnya. (jus/kb)

    Back to top button