Ekonomi BisnisGianyarSeni Budaya

Pengrajin Kecipratan G20, Terima Puluhan Orderan Penjor

GIANYAR, Kilasbali.com – Penjor kini selalu dijadikan hiasan wajib setiap ada event di Bali. Demikian juga hajatan international, G20 15-16 November, ratusan penjor bakal menghiasi sejumlah titik.

Lantaran banyak penjor yang dibutuhkan, sejumlah pengrajin penjor pun kecipratan pesanan. Salah satunya, I Komang Odon di Banjar Banda, Saba , Blahbatuh.

Saat ditemui, Minggu (6/11), Odon mangaku hanya menerima sekitar 60 penjor. Pihaknya mendapat pesanan dengan batas hingga tanggal 12 November sudah terpasang di tempat yang sudah ditentukan.

Menurut panitia tanggal tersebut para delegasi sudah berdatangan. “Jadi tanggal 12 itu sudah selesai terpasang, jadi kami memasangnya dari hari ini, karena jumlahnya lumayan banyak dan ukuranya besar,” ujarnya.

Dalam mengerjakan puluhan penjor tersebut ia dibantu oleh belasan pengrajin yang merupakan warga sekitar. “Ini semua yang bantu warga sekitar, kebanyakan anak muda yang baru tamat sekolah, mereka ikut bantu biar ada tambahan penghasilan,” ujarnya pria dua anak ini.

Untuk jenis penjor sendiri, diakuinya penjornya seperti penjor Galungan yang biasa ia jual, sehingga tidak ada kesulitan berarti. Namun memang hiasan lebih mewah karena untuk penyambutan dan sudah ada ketentuan dari pihak panitia. “Seperti penjor pada umumnya, hanya lebih mewah, dan diatasnya berisi kober bertuliskan G20,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dalami Ranperda Inisiatif P4GN Undang Pakar Hukum Adat

Selama pembuatan menurutnya tidak ada kesulitan karena ia sebagai pengrajin sudah biasa membuat penjor dan memiliki stok hiasan yang bisa dipakai. Sisanya dibantu buat oleh pengrajin anyaman lontar di sekitar. “Untuk harga per batang sudah ditentukan oleh panitia, kami tidak enak menyebutkan. Tapi sesuai dengan hasil penjor yang akan ditampilkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Bangli Optimis Hasil SSGI Memuaskan

Posisi penjornya dipasang di kawasan Tuban, dan kawasan Pemogan sampai tanah kilat. Pemasangan dilakukan bertahap. “Sekarang 16 penjor di kawasan Tuban, besok sisanya kawasan Pemogan sampai pura Tanah Kilap dan sekitarnya,” jelasnya.

Seperti yang telah diketahui, Gubernur Bali, I Wayan Koster menyampaikan akan ada 2.500 pejor akan dipasang di jalan khusus untuk menyambut delegasi G20. Penjor terpasang dari Bandara I Gusti Ngurah Rai sampai menuju lokasi pertemuan dan hotel yang akan ditempati petinggi G20. Seluruh dana dari pemasangan penjor ini berasal dari pemprov Bali, sebesar Rp3,5 miliar. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button