OlahragaSeni BudayaSosialTabanan

Semarak HUT ke-529 Kota Tabanan

Komunitas Sepeda Ontel Tabanan Bersepeda Keliling Bali

TABANAN, Kilasbali.com – Bersepeda menjadi salah satu alternatif untuk berolahraga demi menjaga kesehatan jasmani sehari-hari. Tak hanya bermanfaat dalam menjaga kebugaran, bersepeda juga bisa menjadi pilihan untuk menonjolkan jiwa nasionalis dan sikap mencintai tanah kelahiran Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Ontel Tabanan mulai hari ini Kamis, (10/11), yang memilih bersepeda keliling Bali untuk menyemarakkan HUT Ke-529 Kota Tabanan “Jayaning Singasana”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2022, juga menjadi momen yang tepat untuk melangsungkan kegiatan yang dimotivasi dengan semangat tinggi dan spirit nasionalisme. Oleh sebab itu, mewakili Pemkab Tabanan, I Wayan Kotio selaku Asisten II menunjukkan dukungan dengan melakukan pelepasan di garis start kepada 10 peserta yang tergabung dalam komunitas ini, dengan didampingi oleh Asisten 3 dan para OPD terkait, di Halaman Kantor Bupati Tabanan.

Ditargetkan selesai dalam waktu 3 hari, mulai dari Kamis (10/11) hingga Minggu (13/11), Safari dengan slogan “Sing Ngontel Sing Seger”, diikuti oleh 10 Ontelis yang tergabung dalam beragam jenis usia. Mulai yang termuda di umur 15 tahun hingga usia 45 tahun direncanakan menuju ke Jembrana pada hari pertama, yang diperkirakan jam 12.00 Wita sampai Jembrana. Sore hari sekitar jam 18.00 Wita, dilanjutkan menuju ke Singaraja, seperti yang diterangkan oleh Marthinus Parera selaku Koordinator Panitia.

Baca Juga:  Dalami Ranperda Inisiatif P4GN Undang Pakar Hukum Adat

Ia menambahkan, pada tanggal 11 Nopember 2022, perjalanan dilanjutkan ke Karangasem, dilanjutkan ke Bangli, kemudian ke Klungkung dan di hari ketiga, yakni 12 Nopember 2022, safari sepeda ontel menuju ke Denpasar. Dari Denpasar kemudian ke Badung dan Finish di Tabanan pada tanggal 13 Nopember 2022. Dijelaskan kembali, bahwa yang ikut safari 10 Orang dan komunitas sepeda ontel lainnya ikut mengantar di start dan nantinya menjemput saat finish nanti.

“Temen-temen yang ikut Safari adalah temen-temen ontelis yang memang setiap minggu selalu melakukan aktivitas perajalanan, baik keliling Kota Tabanan maupun ke obyek-obyek wisata yang ada di Tabanan dan mereka sudah terjaga fisiknya. Bahkan, ada yang sudah terbiasa sampai di Jember, Blitar dan seterusnya. Kita ingin ikut memeriahkan Ulang Tahun Kota Tabanan yang ke-529 dengan cara yang berbeda,” imbuh Marthinus.

Disamping itu, juga ditujukan untuk memperkenalkan ataupun menggaungkan asyiknya bersepeda menggunakan Sepeda Ontel. Apalagi Sepeda Ontel ini memiliki penampilan yang unik, tradisional dan masih bisa dipergunakan dengan baik. Tentunya juga, untuk memberikan motivasi kepada penggemar ataupun penghobi Sepeda Ontel agar mengeluarkan sepedanya dan bersama-sama melakukan aktivitas bersepeda, terlebih membawa aksi yang positif.

Baca Juga:  Kenakan Pakaian Adat Bali, Bupati Sanjaya Parade Budaya Nusantara

Mewakili Pemkab Tabanan, Asisten II Setda Kab. Tabanan, I Wayan Kotio, memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas semangat yang ditunjukkan para Ontelis dalam menyambut perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan. Pihaknya berharap, para Ontelis yang melakukan Safari Keliling Bali nantinya, agar selalu menjaga kesehatan, selalu berhati-hati dan tertib berlalu lintas di jalan, sehingga selamat dan sehat sampai tujuan. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button