PeristiwaTabanan

Perahu Terbalik, Tiga Nelayan Pantai Pasut Selamat

TABANAN, Kilasbali.com – Perahu terbalik, tiga nelayan Pantai Pasut selamat. Kecelakaan saat melaut dialami oleh nelayan Banjar Pasut, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Kamis (24/11).

Dari informasi yang dihimpun, sebelum terjadi perahu terbalik, kantih perahunya terlepas karena tali pengikatnya putus, dan perahu yang digunakannya terbalik di tengah laut.

Syukurnya, ketiga nelayan tersebut berhasil dievakuasi oleh petugas dan teman nelayan lainnya dari perahu terbalik.

Ketiga nelayan yang mengalami kecelakaan saat melaut yaitu, I Made Suartika (57), I Wayan Sada (60) dan I Putu Gede Indra Dwijantara (27), yang berasal dari Banjar Pasut, Desa Tibubiu, Kerambitan, Tabanan.

Informasi menyebut, sebelum kejadian, pada hari Kamis (24/11) sekitar pukul 07.00 WITA, tiga orang nelayan Banjar Pasut berangkat melaut dari Pantai Pasut, Desa Tibubiu, Kerambitan dengan menggunakan jukung fiber.

Dalam perjalanan ketengah laut sekitar kedalaman 60-70 meter sekitar pukul 08.40 WITA, kantih jukung sebelah kiri terlepas karena tali pengikat kantih putus, kemudian jukung terbalik dan I Wayan Sada menghubungi Bapak I Ketut Arsana Yasa  alias Pak Sadam lewat telpon untuk meminta pertolongan dievakuasi.

Baca Juga:  Bagan Utama Patung Wisnu Murti Dipasang

Kemudian Pkl 09.00 WITA, I Ketut Arsana Yasa bersama I Nyoman Sukarma berangkat untuk melakukan penyelamatan menggunakan jukung Pasut Cruise 1 dan dibantu  3  jukung dari nelayan Pantai Kelecung untuk melakukan evakuasi terhadap korban.

Pukul 11.40 wita korban I Putu Gede Indra Dwijantara berhasil dievakuasi oleh Nelayan Banjar Kelecung dan mendarat di Pantai Kelecung, Desa Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur. dan pukul 11.40 WITA, Sadam berhasil mengevakuasi dua korban lainnya, yaitu Made Suartika dan  I Wayan Sada  dan mendarat di Pantai Pasut, Desa Tibubiu.

Pukul 12.10 WITA, jukung korban berhasil dievakuasi lewat Pantai Kelecung, Desa Tegal Mengkeb, Kecatan Selemadeg Timur, Tabanan.

Baca Juga:  Tepati Janji, Bupati Sanjaya Singgasanakan Patung Wisnu Murti di Catus Pata Kediri

Kapolsek Kerambitan, AKP Ni Luh Komang Sri Subakti, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, Ketika jukung terbalik ini, korban Sada meminta pertolongan kepada kepada ketua kelompok Nelayan, I Ketut Arsana Yasa.

Setelah mendapatkan lokasi para nelayan tersebut, tim dari Polres Kerambitan bersama nelayan kemudian berangkat ke lokasi untuk melakukan proses evakuasi. “Proses penyelamatan ketiga nelayan ini menggunakan satu empat jukung milik nelayan di Pantai Pacung dan sekitarnya serta armada milik Pol Air Polres Tabanan. Hingga akhirnya pada pukul 11.40 WITA, evakuasi terhadap korban dan jukung berhasil dilakukan,” jelasnya.

Baca Juga:  Jayaning Singasana

Seluruh korban disebutkan Sri Subakti dievakuasi dalam kondisi selamat dan tidak memerlukan perawatan medis. “Para nelayan ini berhasil dievakuasi di dua lokasi yang berbeda, yakni di lantai Kelecung Desa Tegalmengkeb dan di Pantai Pasut Desa Tibubiu,” pungkasnya. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button