Seni BudayaSosialTabananTokoh

“Megibung”, Sanjaya Santap Nila Nyatnyat

Semarak Perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan Jayaning Singasana

TABANAN, Kilasbali.com – Untuk menyemarakkan perayaan HUT ke-529 Kota Tabanan “Jayaning Singasana” Setia Bijaksana dalam Menjalankan Dharma demi Kecintaan Pada Rakyat, Pemkab Tabanan kembali menggelar kegiatan suka cita kebersamaan, melalui “Megibung” makan olahan ikan di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Jumat, (25/11).

Kegiatan Megibung dibuka Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan melibatkan Kepala OPD dan salah seorang stafnya untuk menyantap sajian Nila Nyatnyat, sebagai wujud kebersamaan. Kegiatan ini juga disaksikan oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Sekda, para Asisten dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan beserta undangan lainnya.

Inilah sejatinya merupakan kekuatan Kabupaten Tabanan di sektor perikanan, namun sayangnya seringkali potensi ini kurang disadari dan belum tergarap secara maksimal. Terlebih-lebih lagi berbagai faktor juga menjadi penghambat pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Tabanan, diantaranya persaingan dan belum tumbuhnya budaya makan ikan di tengah-tengah masyarakat Tabanan.

Baca Juga:  Operasi Kepolisian Zebra Agung 2022

“Maka dari itu yang saya maksudkan Tabanan Era Baru, yang selalu saya gaungkan agar bagaimana saat ini kita awali dari Pemerintah Kabupaten Tabanan dan wajib kita jabarkan. Yakni, cara berfikir kita yang baru, cara pandang kita yang baru dan tindakan kita yang baru dan juga cara apapun yang kita lakukan semuanya dengan sesuatu yang baru. Itu namanya Era Baru yang Aman Unggul dan Madani,” ujar Sanjaya saat itu.

Fakta ini menjadi tantangan bersama seluruh jajaran di Pemkab Tabanan kedepannya. Untuk itu, Bupati Sanjaya meminta kepada Dinas terkait agar betul-betul merancang sebuah strategi besar dalam pengembangan sentra perikanan di Kabupaten Tabanan. Kegiatan-kegiatan seperti ini ditegaskannya agar menjadi momentum kebangkitan, sehingga tidak berhenti hanya dengan sebatas kegiatan formal semata.

Disamping itu, kegiatan megibung ini juga diharapkan mampu menjadi alat yang efektif dalam menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya makan ikan. Selain itu, diharapkan juga sebagai wadah menyambung rasa antara semua komponen masyarakat, sehingga mampu menumbuhkan rasa persaudaraan kuat, mengedepankan spirit jele melah nyame gelah dan membangkitkan rasa bangga sebagai orang Tabanan.

Baca Juga:  Kabar Baik, Restrukturisasi Kredit di Bali Diperpanjang

“Ikan Gurami diatas wajan, Burung Pelikan dimakan Hiu. Mari kita gemar makan ikan untuk mewujudkan Tabanan Era Baru. Itu sangat bagus sekali dan baik buat kita. Ikan sepat ikan kembung, sempat tidak sempat ayo kita megibung,” pinta Sanjaya yang diakhiri dengan pantun “ikan asin diatas pasir putih, sekian dan terimakasih,” tutup Sanjaya.

Baca Juga:  Hakordia 2022, Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi

 

Sementara itu, I Made Yudiana selaku Ketua Panitia kegiatan, menambahkan bahwa gagasan Megibung makan ikan bersama ini merupakan inisiasi dari Bapak Bupati pada saat mengunjungi stan kuliner Dinas Perikanan. “Pada waktu itu beliau, memberikan arahan agar rangkaian HUT Kota Tabanan bisa disemarakkan dengan acara Megibung,” ujarnya, dimana kegiatan megibung ini juga dirangkaikan dengan Hari Ikan Nasional yang telah dirayakan secara sederhana pada 21 Nopember 2022. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button