PemerintahanTabanan

Kerja Keras Pemkab Tabanan

TABANAN, Kilasbali.com – Kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan yang melakukan sinergi dengan semua pihak dalam membangun, kembali mendapat Apresiasi dari Pemerintah Pusat, yakni Kementerian Keuangan RI melalui piagam penghargaan Republik Indonesia atas Opini WTP LKPD Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Piagam Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, yang diserahkan oleh Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho, usai pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-529 Kota Tabanan dirangkaikan HUT ke-51 KORPRI di halaman depan Kantor Bupati, Selasa (29/11).

Apresiasi ini diberikan dalam bentuk Plakat dan Penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia, dimana Plakat diserahkan kepada Pemda yang meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP selama 10 tahun berturut-turut dan Penghargaan diberikan untuk peraih Opini WTP selama 5 tahun berturut-turut.

Baca Juga:  399 PPS Kabupaten Tabanan Dilantik

Tentu hal ini merupakan kado spesial untuk Pemerintah Kabupaten Tabanan karena bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tabanan ke-529.

“Disamping kami mempersembahkan Patung Wisnu Murti berdiri kokoh di Catus Patut Kediri, kami juga persembahkan Penghargaan atas Opini WTP LKPD Tahun 2021 ini kepada seluruh komponen masyarakat Tabanan,” ujar Sanjaya.

Pemerintah Kabupaten Tabanan telah mendapat opini WTP selama delapan (8) tahun berturut-turut sejak 2014 hingga tahun 2021.

Prestasi ini menunjukkan bahwa, Pemerintah Daerah memiliki komitmen untuk terus memperbaikki tata kelola dan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang menjadi tanggungjawabnya. Hal ini juga menunjukkan adanya proses akuntabilitas transaksi keuangan kepada masyarakat, sehingga bisa memunculkan kepercayaan kepada Pemerintah Daerah.

Baca Juga:  Bocah 14 Tahun Nekat Mencuri untuk MiChat

Sementara, Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Bali Teguh Dwi Nugroho, dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tabanan yang telah menyambut baik kedatangan pihaknya.

“Dalam kesempatan ini, kami juga menghaturkan selamat hari jadi ke-529 Kota Tabanan, Jayaning Singasana. Semoga Kabupaten Tabanan terus berhasil mewujudkan kembali kejayaan masa sebelumnya,” ungkapnya.

Pada kesempatan berbahagia ini, pihaknya juga menyampaikan dukungan kepada Pemkab Tabanan sebagai Pemda yang berhasil mempertahankan opini WTP sebanyak 8 kali.

“WTP ini adalah wujud dari sebuah pengelolaan keuangan Negara yang telah dilaksanakan secara optimal dengan selalu berusaha menyajikan laporan keuangan dengan standar akuntabilitas pemerintah, kemudian mematuhi peraturan perundang-undangan , memiliki kecukupan pengungkapan dan efektivitas dalam sistem pengendalian internal,” imbuh Teguh Dwi Nugroho.

Baca Juga:  Gerakan Hidup Sehat Bagi Masyarakat Tabanan

Kemudian besar juga harapan pihaknya dengan didukung peningkatan kuantitas dan kualitas SDM pengelola keuangan Kabupaten Tabanan, maka akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan dapat terus dipertahankan.

“Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati dan seluruh jajaran atas sinergi dan kerja keras yang sangat baik yang kita lakukan antara Kanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Bali dan Pemkab Tabanan didalam pengelolaan anggaran yang dialokasikan di Kabupaten Tabanan,” puji Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Provinsi Bali. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button