BadungNews UpdateOlahraga

Jadi Barometer Internasional, Kejuaraan Dunia Esports Digelar di Bali

NUSA DUA, Kilasbali.com – Mewakili Ketua Umum (Ketum) PB ESI Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan, Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo resmi membuka Kejuaraan Dunia Esports yang diselenggarakan secara outdoor di Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Jumat (2/12/2022) malam.

Hal ini merupakan kebanggaan kepada ekosistem esports Indonesia, karena membuktikan bahwa dunia kini memperhitungkan dan menjadikan Indonesia sebagai barometer esports internasional.

Pencapaian tersebut berkat kerja keras dan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk dukungan dari pemerintah, PB ESI, dan seluruh ekosistem esports Indonesia, sehingga ajang Kejuaraan Dunia Esport tahun 2022 dapat terselenggara di Bali.

Baca Juga:  Dewa Alit Dilantik Jadi Sekda Gianyar

Kejuaraan “World Esports Championship” (WEC) ke-14 di Bali kali ini diikuti ratusan peserta dari 106 negara, hal ini membuktikan antusiasme pemain sangat tinggi terhadap olahraga ini, sehingga menjadikan Indonesia mengukir sejarah baru di Guinness Book World of Record dengan keikutsertaan negara terbanyak dalam Kejuaraan Dunia Esports.

Sekaligus dapat memotivasi para atlet esports Indonesia menjadi leading di kancah internasional.

“Esports menjadi sebuah industri olahraga yang mampu sebagai pendorong maraknya kembali ekonomi kreatif, dan pariwisata melalui konsep sports, tourism, promosi, budaya bangsa di kancah dunia melalui perkembangan game lokal karya anak bangsa,” kata Bambang Sunarwibowo.

Baca Juga:  Hotel dan Restoran Gunakan Arak Bali untuk Welcome Drink

Dia menuturkan, perkembangan esports juga membuka jenjang karir yang luas serta menciptakan profesi baru yang menuntut berbagai kecerdasan, ketangkasan, kedisiplinan, intelektualitas, dan integritas.

Ajang WEC yang kali ini diadakan di Hotel Merusaka, Nusa Dua, berlangsung mulai tanggal 2 hingga 11 Desember 2022, memperebutkan 6 nomor masing-masing, Tekken 7, Dota 2, Mobile Legend: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO. Total diikuti 600 peserta yang memperebutkan hadia nominal yang cukup besar.

Sejak kepemimpinan Ketum Budi Gunawan, berbagai prestasi diraih PB ESI yang saat ini memiliki cabang di 34 provinsi dan 512 kabupaten di seluruh wilayah Indonesia. Juga meraih sederet kesuksesan, baik pada level nasional maupun internasional, serta mengalami.perkembangan yang sangat pesat.

Baca Juga:  Bali Terbaik Tangani HIV/AIDS dengan Cepat dan Tepat

PB ESI juga sukses menyelenggarakan pertandingan eksibisi esports pada PON XX Tahun 2021 di Papua. Bahkan pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam, kontongen Esports Indonesia berhasil meraih 6 medali yakni, 2 medali emas, 3 perak, dan 1 medali perunggu. (Kb/djo)

Berita Terkait

Back to top button