News UpdatePariwisataPemerintahanSeni BudayaTokoh

Bali Tuan Rumah WWF ke-10 Tahun 2024

DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena telah memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024.

Hal itu disampaikan Wayan Koster saat menghadiri UN-Water on Groundwater Summit 2022 di Markas Besar UNESCO, Paris belum lama ini. Koster diundang secara khusus oleh UNESCO, karena Bali telah terpilih menjadi tempat penyelenggaraan WWF ke-10.

“Dengan keindahan alam Bali, keramahtamahan Masyarakat Bali, dan keunikan budaya Bali, kami siap menyambut kehadiran para delegasi di Bali, The Island of Gods, The Island of Love, and The Last Paradise of The World,” kata Koster.

Baca Juga:  Bulan K3, Bali Gelar Donor Darah dan Demo APAR

Koster juga mengungkap bahwa Bali menjadi daya tarik wisata dunia, dan mendapat penghargaan sebagai tujuan resort terbaik se-Asia. Selain itu, beberapa warisan budaya Bali, telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, antara lain: Lanskap Subak Catur Angga Batukaru; Pura Kerajaan Taman Ayun; Jatiluwih, Sistem Subak Bali; dan Lanskap Subak Daerah Aliran Sungai (DAS) Pakerisan.

Gubernur Bali Wayan Koster. foto/kilas

“Sebagai Gubernur Bali, saya mengajukan pelaksanaan World Water Forum ke-10 tahun 2024 pada tanggal 18-24 Mei 2024. Acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2024, bertepatan dengan hari baik menurut kearifan lokal Bali, yaitu Hari Tumpek Uye, dan merupakan pelaksanaan Upacara Danu Kerthi, yaitu Hari penyucian dan pemulian sumber air sebagai sumber kesejahteraan dan kebahagiaan kehidupan manusia,” ujarnya.

Lanjutnya, acara pembukaan dilaksanakan di panggung terbuka, fasilitas budaya yang megah, akan dipentaskan suatu karya seni yang mengaktualisasikan pemuliaan air sebagai sumber kehidupan.

Baca Juga:  9 Ball Tournament Billiard Generasi Muda FKPPI

“Tema Groundwater Summit 2022 sangat sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yaitu menjaga kesucian dan keharmonisan Alam beserta isinya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, rangkaian pertemuan World Water Forum ke-10 di Bali, akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), kompleks resort yang memiliki fasilitas konvension berkelas dunia.

Komplek Resort ini, lanjut dia, merupakan tempat yang nyaman dan aman, serta memiliki akses yang mudah ke banyak daya tarik dan destinasi wisata.

Baca Juga:  Petualangan Luar Biasa Alfred Russel Wallace di Indonesia Timur

“Tempat ini sudah sering dipakai sebagai penyelenggaraan event internasional, antara lain: Pertemuan IMF dan Bank Dunia; Pertemuan Negara Maritime se-Dunia; dan yang baru saja berakhir dengan sukses, Rangkaian Pertemuan Presidensi G20,” tandasnya.  (jus/kb)

 

Berita Terkait

Back to top button