Hiburan

Ciri khas Dangdut Pantura dan Asal Usulnya

JAKARTA, Kilasbali.com – Asal-usul tarling mulai muncul sekitar tahun 1931 di Desa Kepandean, Kecamatan/Kabupaten Indramayu. Namun, nama tarling pada saat itu belum digunakan sebagai jenis aliran musik. Dahulunya nama yang digunakan untuk menyebut janis musik ini adalah Melodi Kota Ayu bagi wilayah Indramayu dan Melodi Kota Udang untuk daerah Cirebon.

Tarling adalah salah satu jenis musik yang populer di wilayah pesisir pantai utara (pantura) Jawa Barat, terutama wilayah Indramayu dan Cirebon. Nama tarling diidentikkan dengan nama instrumen itar (gitar) dan suling (seruling) Pertunjukan tarling itu sendiri berupa musik dengan membawakan lagu-lagu gamelan Cirebon, seperti kiser, bendrong, waledan, dan sebagainya.

Saat ini, aliran dangdut pantura sudah berkembang dan sangat digandrungi oleh para penikmat musik dangdut. Aransemen musiknya pun beragam diantaranya koplo, pop dut, house music, rock dut dan lainnya.

Baca Juga:  Minat Masyarakat Bali Tekuni Kecantikan Makin Besar

Bintang-bintang yang berhasil mengankat musik pantura juga masih tetap eksis diantaranya adalah Diana Sastra, Dian Anic, Anik Arnika dan masih banyak lagi.

Saksikan Primadona Pantura yang akan mulai tayang secara live pada Rabu, 18 Januari 2023. Hanya di MNCTV. Selalu di Hati.

Follow akun TikTok dan Instagram @officialmnctv untuk mendapatkan update terbaru dan konten – konten yang menarik seputar program-program MNCTV. Seluruh program-program MNCTV bisa disaksikan di aplikasi RCTI+ atau di www.rctiplus.com.

Baca Juga:  Minat Masyarakat Bali Tekuni Kecantikan Makin Besar

Saksikan terus program-program MNCTV dengan kualitas gambar bersih dan suara jernih di kanal digital MNCTV, Jakarta 28 UHF, Bandung 41 UHF, Surabaya 41 UHF, Yogyakarta 41 UHF, Surakarta 41 UHF, Semarang 45 UHF, Batam 44 UHF, Medan 43 UHF, Makassar 40 UHF, Banjarmasin 39 UHF, Palembang 29 UHF, dan Bali 42 UHF. Scan ulang sesuai dengan kanal masing-masing kotamu, serta gunakan Set Top Box yang terverifikasi. (rls/*kb).

Berita Terkait

Back to top button