CeremonialTabanan

Dekranasda Labuhan Batu Kunjungi Kabupaten Tabanan

TABANAN, Kilasbali.com – Dekranasda Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara yang diketuai Rama Dhona Sihotang mengunjungi Dekranasda Kabupaten Tabanan, Senin (19/12).

Kedatangan rombongan Dekranasda Labuhan Batu tampak disambut Ketua Dekranasda Tabanan, Rai Sanjaya didampingi oleh Sekretaris Dekranasda, Kabid dan Fungsional Penyuluh Disperindag Tabanan.

Rai Sanjaya mendaku bangga dengan kunjungan ini. Sebab, daya tarik kerajinan khas Tabanan telah menggaung hingga ke tanah Sumatera Utara.

Terlebih nantinya, kerajinan-kerajinan khas ini akan menjadi rekomendasi yang bisa dikembangkan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Labuhan Batu Utara.

“Tentunya kami sangat berbangga sekali menerima kehadiran ibu Ketua Dekranasda dari Labuhan Batu Utara, hal itu membuktikan bahwa kerajinan-kerajinan khas Tabanan ini sudah mulai terdengar hingga ke ranah nasional, dan sudah barang tentu nantinya akan menambah semangat para pengrajin untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan kerajinan-kerajinan khas dan mungkin nanti bahkan bisa di eskpor ke luar negeri,” ungkap Rai Sanjaya saat itu.

Di kesempatan itu, Rai Sanjaya mengajak serta rombongan untuk berkunjung ke Pojok IKM Dekranasda yang merupakan inovasinya sendiri di Lobby Kantor Bupati Tabanan.

Baca Juga:  Tenun Gringsing Kain Langka Kebanggaan Krama Bali

Para rombongan bisa menyaksikan dan bahkan membeli langsung beberapa kerajinan yang dipamerkan di sana, termasuk komoditas unggulan seperti keramik, kerajinan logam, kerajinan batok kelapa, bokor koran, sandal, tas-tas rajutan dan kerajinan lainnya.

Pihaknya juga memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi di Tabanan, salah satunya yaitu DTW Tanah Lot, Bedugul dan Jatiluwih. Bahkan tak hentinya, Rai Sanjaya merekomendasikan para rombongan untuk berkunjung ke Pameran Bali Bangkit di Denpasar.

“Kami juga merekomendasikan untuk berkunjung ke Pameran Bali Bangkit yang sedang berlangsung di Denpasar, karena di sana tidak hanya bisa menjumpai kerajinan khas Tabanan tapi dari seluruh Bali juga ada di sana,” lanjutnya.

Baca Juga:  Ungguli London, Bali Nomor Dua Destinasi Populer Dunia 

Pihaknya berharap, beberapa kerajinan yang ditampilkan mampu menjadi contoh untuk pengembangan kerajinan di Sumatera Utara seperti yang diharapkan oleh Ketua Dekranasda Labuhan Batu Utara. Para rombongan juga menunjukkan minat dan ketertarikan yang lebih pada kerajinan bokoran dari koran khas Tabanan.

“Rombongan tamu ingin tahu kerajinan-kerajinan apa yang ada di Kabupaten Tabanan, untuk dijadikan contoh kedepannya di Sumatera Utara, Ibu Bupati tadi tertarik dengan Bokoran dari Koran, di Sumatera Utara tidak ada yang seperti itu, itulah tadi yang dijadikan contoh untuk dipraktikkan di sana nanti,” ungkap Kabid Dinas Perdagangan Tabanan yang turut mendampingi.

Baca Juga:  Diguyur Hujan Lebat, Bupati Sanjaya Tanam Pohon

Tak hanya mengajak berkeliling, Rai Sanjaya juga memberikan cinderamata bagi para rombongan, sebagai bentuk kenang-kenangan dari Tabanan. (M/KB)

Berita Terkait

Back to top button