PariwisataTabanan

Libur Nataru, Kunjungan Wisatawan ke DTW Ulun Danu Beratan Membludak

TABANAN, Kilasbali.com –Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, kunjungan wisatawan ke Daya Tarik Wisata (DTW) Ulun Danu Beratan membludak. Kunjungan wisatawan mengalami peningkatan sebesar, 25% sejak minggu ini.

Hal tersebut diungkapkan Staff Humas DTW Ulun Danu Beratan, Tabanan, Putu Suarya.

Menurutnya, menjelang libur Nataru ini kunjungan wisatawan ke Ulun Danu Beratan mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dalam sehari kunjungan rata-rata lebih dari dua ribu pengunjungan. Dan peningkatan kunjungan ini akan diprediksi terus meningkat sampai di libur tahun baru 2023.

“Sampai saat ini, rata-rata jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sekitar 700 ratus orang per harinya sedangkan, wisatawan domestik mencapai 1.500 orang per harinya.Wisatawan Domestik didominasi rombongan murid-murid yang sebagian besar dari daerah Jawa terkait liburan sekolah.

Sedangkan wisatawan mancanegara di dominasi oleh wisatawan asal Asia terutama WNA India,” jelasnya, Senin (19/12).

Suarya menambahkan, dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru tidak ada event yang khusus.

Baca Juga:  Berkah Pariwisata, Retribusi Tembus Rp 100 Juta Per Hari

Namun karena pada libur Nataru ini bertepan dengan upacara piodalan di Pura Ulun Danu Beratan, maka ditampilkan parade gebogan. Parade gebogan ini akan ditampilkan setiap hari sampai tanggal 29 Desember nanti.

Dalam sehari ditampilkan dua kali parade gebogan, parade pertama dimulai pukul 10.00 Wita dan yang kedua pukul 12.00 Wita.

“Dimana parade gebogan ini kita harapkan salah satu upaya untuk menarik minat wistawan yang berkunjung ke Ulun Danu Beratan, dimana Desa Adat yang tergabung dalam Pesatakan Ulun Danu ini akan secara bergiliran menampilkan parade gebogan ini,” tambahnya.

Baca Juga:  'Ngantor di Desa', Sanjaya Komit Bangun Tabanan Mulai dari Desa

Salah satu pengunjung asal Bandung, Jawa Barat, Hibran Yoga Pangestu menyampaikan, baru pertama kali melakukan liburan di Danau Ulun Danu. Adapun alasan utama memilih liburan di Danau Ulun Danu udaranya sejuk suasananya juga sangat asri.

“Jadi, sangat pas dan enak bersama keluarga liburannya.Kita juga dapat mengajak keluarga untuk piknik disini (Danau Ulundanu). Rekomendasi sekali tempatnya ini,” jelasnya.

Baca Juga:  DPMPTSP Bali Tingkatkan Standar Pelayanan Melalui Forum Konsultasi Publik

Kemudian pengunjung lainnya, Sutomo asal Lamongan menyampaikan, Kunjungan dalam rangka family gathering SMP N 2 Sekar, Lamongan, merupakan kunjungan pertama kali dilakukan ke DTW Ulun Danu Beratan, Tabanan.

Menurut dia, suasana alamnya menjadi daya tarik utama. Sangat menarik, apa lagi pas ada upacara adatnya dengan prosesinya yang unik.

Dia mengaku telah melakukan foto-foto sekitar areal Danau bersama keluarga, teman-teman serta bersama beberapa orang wisatawan asing.

“Kemungkinan kami akan datang perorangan maupun bersama siswa-siswa lagi nantinya,” ungkapnya. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button