CeremonialDenpasar

Ibadah dan Misa Malam Natal

DENPASAR, Kilasbali.com – Sejumlah gereja di Denpasar menggelar ibadah dan misa malam Natal. Cuaca mendung dan hujan tak menyurutkan umat kristiani di Bali mengikuti ibadah perayaan kelahiran Yesus Kristus.

Di Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Maranatha, Denpasar, menggelar tiga kali ibadah malam Natal pada 24 Desember 2022. Ibadah pertama berlangsung pukul 16.00 WITA.

Dengan khusyuk, jemaat mengikuti prosesi dan tata ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sepanjang perayaan natal, umat Kristiani tetap mengenakan masker.

Baca Juga:  Efektivitas Berkomunikasi di Era Digitalisasi

Hal itu juga tercermin dari pohon natal yang menghiasi gerbang gereja. Berbeda dari tahun sebelumnya, hiasan pohon natal tahun ini mengandung pesan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Suasana di salah satu Gereja di Denpasar. foto/way

Dekorasi pohon natal dihiasi batok kelapa dengan masker menutup sebagian tempurung yang tergantung di pohon.

Ibadah pertama itu dipimpin oleh pendeta Yvonne L. Makatita. Homili natal yang disampaikan mengambil lirik lagu ‘Joy to the World’ yang melegenda karya komposer yang juga pendeta Issac Watts (1674-1748).

Baca Juga:  Petualangan Luar Biasa Alfred Russel Wallace di Indonesia Timur

“Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia yang berdosa, dan menanggalkan tahta-Nya untuk manusia. Pengampunan adalah pesan yang senantiasa menggema,” kata Yvonne.

Sementara, dalam Operasi Lilin Agung pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, ada 3.425 personel yang diterjunkan. Jumlah itu terdiri dari 1.891 dari unsur Polri, TNI, BPBD, Dinas Perhubungan maupun Basarnas.

Sedangkan, unsur lain yang terlibat dalam pengamanan Nataru sebanyak 1.534. (way/kb)

Berita Terkait

Back to top button