BangliNews Update

Jakkon Jaga Ekosistem Danau Batur, Tabur 2 Ton Eco Enzym

BANGLI, Kilasbali.com – PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) selaku salah satu perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, bersama Ikonik Indonesia dan Tim Operasi Semut turut hadir dan berpartisipasi aktif ikut menjaga ekosistem Danau Batur dengan menaburkan 2 ton eco enzym di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, pekan lalu.

Perwakilan Jakkon Rizky Farandy, Rabu (28/12/2022), menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan dengan skala yang lebih besar lagi. Sehingga kondisi air danau dapat menjadi netral, ekosistem air kembali tumbuh, dan kondisi kesehatan masyarakat yang mempergunakan air danau tersebut dapat terjamin.

Pasalnya, belakangan ini kondisi Danau Batur mengalami pendangkalan, dengan kondisi air yang masuk dalam kategori tercemar, hal ini menjadi perhatian bersama pihak pemerintah dan komunitas penggiat lingkungan.

Baca Juga:  Pemprov Bali Siapkan Mekanisme Gas LPG 3 Kg Murah

Sebelumnya, pada Jumat (23/12/2022), Pemkab Bangli beserta Forum Penggiat Lingkungan Bali dan pihak terkait lainnya menuangkan sekitar 2 ton cairan disinfektan alami eco enzyme di kawasan Pura Segara Danau Batur. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, anggota DPR RI I Nyoman Parta, Jero Penyarikan Duuran Batur, Wakil Ketua DPRD Bangli, sekaligus inisiator Komunitas Eco Enzym Bangli I Komang Carles.

Eco enzyme, kata Rizky Farandy, berfungsi untuk meningkatkan kualitas air, serta akan melepaskan gas ozon yang dapat mengurangi karbondioksida, sehingga dapat mengurangi efek rumah kaca. Dengan adanya cairan eco enzyme yang pengolahannya sangat mudah, tanpa menggunakan bahan kimia, cocok digunakan sebagai penetral air, sehingga air danau menjadi bersih.

Bahkan, eco enzyme juga dapat berfungsi sebagai disinfektan alami, karena mampu mengurai bakteri berbahaya menjadi bakteri positif dan ramah lingkungan.

Baca Juga:  Tuduhan Gagal Paham, Sebut Keterangan PT DEB Hoax

Jakkon berdiri sejak 11 Desember 2000, merupakan konsultan perencana kawasan, bangunan dan society development dengan menggunakan prinsip keberlanjutan. Inti sustainability strategy yang dipedomani adalah mewujudkan kawasan (urban/regional) yang memiliki ketahanan lingkungan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tata kelola, dan regulasi yang adaptif untuk memperkuat ekonomi.

Karya-karya Jakkon tersebar dari Aceh hingga Papua. Portfolio paling mudah dikenal diantara sebagai Konsultan Perencanaan dan Perancangan Kawasan Pemerintahan: Penyusunan Rencana Pengembangan Kawasan Pemerintahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN), Pengembang Roadmap Sustainable Development destinasi Pariwisata Nasional, Climate Action Planning Program Jakarta bersama Buro Happold Engineering UK, Studi 100 Resilience City, Konsultan Perencana Basic Engineering Design Jakarta International Stadium (JIS).

Termasuk penugasan Pemprov DKI Jakarta hingga proyek prestisius sebagai Konsultan Perencana Pemugaran Cagar Budaya Gedung AA Maramis Kementerian Keuangan RI. Dalam bidang transportasi, Jakkon menggarap Masterplan 5 Stasiun Kereta Api (Gambir, Pasar Senen, Tugu Yogyakarta, Bandung, dan Stasiun Solo Balapan), Perencanaan Kawasan TOD LRT Jakarta (kawasan Pegangsaan Dua dan Pulomas), Perencanaan Kawasan TOD LRT Jabodebek. Dalam perhelatan terkini Formula E di Jakarta, Jakkon terlibat sebagai konsultan perencana Sirkuit Jakarta E-Prix di Kawasan Ancol. (Kb/djo)

Berita Terkait

Back to top button