Denpasar

Kendarai Vespa, Danrem Pantau Pengamanan Tahun Baru di Sanur dan Kuta

DENPASAR, Kilasbali.com – Guna memastikan pelaksanaan pengamanan menyambut perayaan malam Tahun Baru 2023 dapat berjalan aman, lancar, dan kondusif, dengan mengendarai sepeda motor jenis Vespa matik DK-5304-UBG warna hijau, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam melaksanakan patroli keliling Kota Denpasar dan Kuta, Kabupaten Badung, Sabtu (31/12/2022).

Turut mendampingi Danrem, Kasrem 163/Wira Satya dan Kasiren Korem 163/Wira Satya, Dandim 1611/Badung, Kapolresta Denpasar, para Kasi Kasrem 163/Wira Satya, Dandenpom IX-3/Denpasar, Dandenma Korem 163/Wira Satya, serta para Pasi Korem 163/Wira Satya, dan beberapa personel pendukung lainnya.

Dengan dikawal dua personel Patwal, Jenderal Choirul Anam dan rombongan mengendarai puluhan sepeda motor berangkat dari halaman Makorem 163/Wira Satya di Jalan PB Sudirman, Denpasar, tepat pk.09.00 Wita. Rombongan berkonvoi dan bergerak beriringan menuju ke wilayah Sanur untuk singgah, sekaligus mengecek kesiapan pengamanan oleh personel TNI-Polri bersinergi dengan aparat terkait di Pos Pengamanan Simpang GBB, Sanur.

Usai mendapat paparan, didampingi Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi dan Kapolresta Denpasar Kombes Bambang Yugo Pamungkas, Danrem memberikan pengarahan singkat kepada para personel pengamanan yang ditugaskan di wilayah Sanur.

Dilanjutkan mengisi buku tamu dan membagikan sejumlah bingkisan, lalu Jenderal Choirul Anam beserta rombongan melanjutkan konvoi menuju ke Pasar Seni Kuta, yang dijadikan pusat dan tempat penyelenggaraan sederet hiburan jelang hingga detik-detik perayaan malam pergantian tahun 2022 ke 2023.

Kemudian, ditemani Dandim dan Kapolresta Denpasar, Danrem sempat menyapa sambil bersilaturahmi dan berdialog dengan sejumlah pedagang serta wisatawan domistik dan mancanegara yang tengah berada di area tersebut. Bahkan Danrem menyempatkan diri untuk berfoto bersama para penjual jasa, perdagang asongan, dan para wisatawan.

Baca Juga:  Santunan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan Rp 5 Miliar

“Kali ini, saya ditemani Dandim 1611/Badung dan Kapolresta Denpasar, mengadakan pemantauan langsung di wilayah Sanur dan Kuta, untuk mengecek pengamanan di beberapa titik dan tempat perayaan jelang pergantian tahun. Serta untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para personel pengamanan di lapangan,” ujar Danrem.

Dia menyebutkan ada sekitar 600 personel TNI yang diterjunkan untuk melakukan pengamanan di 360 pos yang berada di wilayah Bali yang menggelar perayaan di akhir tahun tersebut.

Bersama unsur aparat keamanan lainnya, TNI-Polri di Bali kata Danrem, selalu solid, siap, siaga, dan sigap untuk mengamankan wilayah Provinsi Bali.

Baca Juga:  RAPI Wilayah Lima Denpasar Menempuh Perjalanan Panjang

Sehingga, diharapkan masyarakat Bali dan semua wisatawan, baik domistik maupun mancanegara dapat merayakan malam pergantian tahun kali ini di Bali dalam suasana kondusif, aman, dan nyaman, serta berkesan selama berlibur di Pulau Dewata.

Jenderal TNI AD bintang satu itu juga mengimbau kepada masyarakat dan para wisatawan agar turut menjaga keamanan dan keselamatan masing-masing.

“Saat ini Bali dalam kondisi aman dan kondusif, semoga di tahun 2023, Bali segera bangkit kembali dan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Bali semakin meningkat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Bali bakal tumbuh lebih baik lagi,” harap Danrem.

Baca Juga:  Kasus Gigitan Anjing di Bali Capai 34.858 Korban

Kapolresta Denpasar Kombes Bambang Yugo Pamungkas menambahkan, sedikitnya ada sekitar 900 personel Polresta Denpasar yang dikerahkan untuk mengamankan 13 destinasi wisata dan 30 lokasi perayaan malam pergantian tahun.

Dengan diback up kekuatan dari Polda Bali, termasuk dari unsur TNI di jajaran Korem 163/Wira Satya, serta melibatkan para pecalang, linmas, dan pam swakarsa yang semuanya sudah tergelar dengan baik.

Selama ini kolaborasi Bhabinkamtibmas dan Babinsa di lapangan selalu kompak dan bersatupadu dalam menerapkan “Sipandu Beradat” (sistem pengamanan terpadu berbasis desa adat) untuk mencegah gangguan kamtibmas.

Selanjutnya Danrem dan rombongan bergeser ke Pos Pengamanan di Pantai Kuta, tepat berada di depan Hard Rock Café.

Usai mendengar paparan singkat dari perwira yang bertugas di Pos tersebut, Danrem menyerahkan beberapa bingkisan kepada para petugas dan mengajak rombongan istirahat makan siang di Sunset Road, lalu kembali ke Makorem 163/Wira Satya. (Kb/djo)

Berita Terkait

Back to top button