DenpasarNews Update

Kodam Udayana Rekrut 500 Komcad TNI

DENPASAR, Kilasbali.com – Kodam IX/Udayana bakal merekrut Komponen Cadangan Tentara Nasional Indonesia (Komcad TNI) yang merupakan pasukan cadangan militer Indonesia, berkedudukan langsung dibawah Markas Besar Tentara Nasional Indonesia dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Direktur Sumber Daya Pertahanan, Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Fahrid Amran mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk pertahanan negara di wilayah di Kodam IX/Udayana.

“Tahun ini giliran rekrutmen Komcad di Kodam Udayana yang bakal merekrut 500 orang,” ungkapnya di Korem 163/Wira Satya di Denpasar, Selasa (10/1).

Baca Juga:  Keberadaan WNA di Sanur Kauh Didata

Lebih lanjut mengatakan, Komcad membantu TNI dari ancaman militer, darurat militer, hingga perang. “Saat ini tantangan yang dihadapi intoleransi, radikalisme, separatisme, konflik sosial, narkoba, hingga hoax,” lanjutnya.

Dia menegaskan, Komcad bisa dikerahkan untuk mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama, yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI). “Komcad ini program sukarela. Warga negara dilakukan pelatihan untuk membantu TNI,” tegasnya.

Persyaratan untuk menjadi menjadi Komcad yakni WNI, usia minimal 18 tahun, maksimal 35 tahun. Lulusan minimal SMP, berbadan sehat, berkelakuan baik, bertakwa kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, dan Pancasila. Selain itu, juga akan memiliki pangkat mulai dari tamtama hingga perwira berpangkat Letnan Dua.

Baca Juga:  Mahasiswa Unwar ‘Sulap’ Botol Plastik Bekas Jadi Bale Bengong

“Sampai saat ini sudah ada 6.030 Komcad dari tiga matra. Yakni Komcat Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut,” tegasnya. Pihaknya mengajak, masyarakat yang ada di wilayah Kodam IX/Udayana untuk mendaftar dengan mendatangi markas TNI terdekat. (jus/kb)

 

Berita Terkait

Back to top button