NasionalNews UpdateSeni Budaya

“Chef Battle” Pertemukan GM dan Chef Olah Makanan Siap Saji

SURABAYA, Kilasbali.com – Ajang adu masak yang dikemas dalam “Chef Battle” untuk memperingati sekaligus merayakan HUT ke-8 Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia (PHMI) yang digelar di Royal Plaza Surabaya, Minggu (15/1/2023), berlangsung seru dan menegangkan.

Bahkan, kedua juri, Chef Sarto dan Chef Budi Susanto, sempat dibuat bingung untuk menentukan para juara “Chef Battle” yang diikuti 8 tim dari G Suite, Yello Jemursari Surabaya, Crown Prince Hotel, Gunawangsa MERR, ibisStyle Jemursari Surabaya, Surabaya Suites Hotel, Luminor Sidoarjo, dan The Alana Surabaya.

Acara yang didukung Maxim dan Blend’o tersebut merupakan bagian dari rangkaian perhelatan perayaan HUT ke-8 PHMI yang bertajuk “PHMI Fest”, dan diselenggarakan selama 3 hari (13-15 Januari 2023).

Baca Juga:  Penyakit Rabies Dapat Dicegah

Sekaligus mempertemukan para General Manager (GM) dan Chef hotel untuk saling berpacu dalam mengolah makanan siap saji untuk main course dan desert.

Setelah selama 60 menit para peserta saling beruji nyali untuk meracik aneka bahan yang disiapkan oleh pihak sponsor dan mengolahnya dalam menu makanan siap saji itu, akhirnya Tim ibisStyle Jemursari Surabaya dinobatkan sebagai juara 1. Disusul Tim The Alana Surabaya (juara 2), dan juara 3 ditempati Tim Luminor Sidoarjo.

Terkait menu makanan utama, Chef Sarto mengambil ide dari mie kluntung yang dikombinasi dengan masakan Jepang, sedangkan untuk pancake ini adonannya sangat gampang dipraktikkan di rumah, dan tambahan garnis sebagai pemanis tampilan.

Baca Juga:  Literasi Hindu Nusantara, Ini Juara Lomba Nyurat dan Lomba Kekawin

Mengenai bahan berupa ikan tengiri katanya, sangat mudah diolah dengan bumbu apapun yang dihaluskan, perpaduan telur dan tepung tapioka harus seimbang.

“Agar tidak amis, tambahkan jeruk nipis dan jahe. Merebus ikan ini jangan lebih dari 5 menit untuk potongan kecil, semakin lama merebus justru ikan makin keras,” katanya.

Chef Budi Susanto, yang menjabat Wakil Ketua Indonesian Chef Association (ICA) BPC Gresik Pantura Raya ini menambahkan, untuk ikan air tawar maupun seafood ini mudah diolah dan rasanya pasti enak.

Baca Juga:  Kartu Kredit Pemerintah Daerah, Inovasi Pembayaran Belanja

“Untuk meminimalisir aroma tak sedap bisa menggunakan jeruk lemon, atau bisa pula pakai bawang putih ditumbuk lalu lumurkan ke ikan yang mau diolah,” sarannya.

Dengan nada canda, GM Yello Jemursari Surabaya Ita Tania menuturkan, jika GM yang masak itu pasti cepat, kalau masaknya lama pasti bukan GM. Sedangkan, GM Luminor Sidoarjo Intan Alice menegaskan, untuk menang itu urusan belakangan, yang penting turut memeriahkan ulang tahun PHMI!. (Kb/djo)

Berita Terkait

Back to top button