Seni BudayaTabanan

Pengamanan Pujawali Pura Luhur Tanah Lot

    TABANAN, Kilasbali.com – Pengamanan pelaksanaan pujawali di Pura luhur Tanah Lot telah dipersiapkan oleh Satuan Polairud Polres Tabanan. Hal ini diungkapkan Kasat Polairud Polres Tabanan AKP I Nyoman Artadana, seizin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, Senin (16/1).

    Artadana mengatakan, personelnya telah melakukan persiapan dengan melakukan pengecekan terhadap rubber boat dan life jacket yang ada di Pos Penyelamat pantai.

    “Hal ini adalah untuk memastikan kesiapan dari sarana yang akan kami gunakan saat berlangsungnya upacara pujawali di Pura luhur Tanah Lot yang akan berlangsung pada hari Rabu (18/1),” ungkapnya.

    Dijelaskan, pengamanan akan dilaksanakan bersinergi dengan Lifeguards, pecalang dan scurity internal DTW Tanah Lot, khususnya di lokasi di pinggir pantai Tanah Lot menuju arah Pura luhur Tanah lot.

    Baca Juga:  Tradisi Melasti Se-Desa Adat Blahbatuh

    “Seperti kita ketahui bersama bahwa saat air laut pasang kita tidak bisa naik ke areal Pura Luhur Tanah Lot, hal ini Kami antisipasi khususnya bagi para pengempon Pura atau penyelenggara upacara dan rombongan penganceng Puri Kediri serta Ida Pedanda agar tetap bisa menyebrang ke Pura Luhur Tanah lot untuk menjalankan rangkaian upacara pujawali. Sedangkan bagi para pemedek jika air laut pasang cukup sampai di Pura penyawangan melaksanakan persembahyangan,” tegasnya.

    Baca Juga:  Masuk Bursa Cabup Tabanan, Ngurah Panji Tunggu Instruksi Partai
    Sat Polairud Polres Tabanan Siapkan Rubber Boat Menjelang Upacara Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot. Foto/kilas

    “Kami tetap mengimbau warga masyarakat yang akan bersembahyang untuk selalu mentaati ketentuan yang ditetapkan oleh panitia Penyelenggara Pujawali dan tidak bermain ataupun photo Selfi di dekat ombak. Demikian juga dengan wisatawan yang berkunjung diharapkan turut serta menjaga keamanan ketertiban masyarakat, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mari kita semua waspada terhadap cuaca yang saat ini masih tergolong ekstrim angin kencang dan gelombang laut cukup tinggi,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi