Seni BudayaTabanan

Persiapan Kong Co Bio Sambut Imlek

TABANAN, Kilasbali.com – Kong Co Bio Vihara Dharma Cattra Tabanan melakukan persiapan untuk menyambut perayaan Hari Raya Imlek 2547.

Persiapam di Kong Co Bio yang beralamat di jalan Melati, Tabanan sudah dilakukan sejak hari Minggu (15/1) lalu, namun pada Selasa (17/1) aktivitas persiapan Imlek masih terus berlangsung.

Laucu Kong Co Bio Vihara Dharma Cattra, Tjadrawan Chonie, Hari Raya Imlek 2547 jatuh pada tanggal 21Januari 2023.

Baca Juga:  Borong Hasil Panen KWT Cemara

Dikatakan, persiapan dimulai dengan upacara pembersihan untuk patung dewa-dewi serta altar dan pagoda yang ada di Kong Co Bio ini.

“Selanjutnya setelah altar dibersihkan barulah lilin besar berwarna merah di tata,” jelasnya.

Adapun ritual yang dilakukan pada hari Minggu lalu ketika memulai untuk membersihkan patung Dewa Dewi yang ada di Kong Co Bio ini adalah upacara Sun Sen.

Baca Juga:  Jokowi Bakal Kunjungi Pasar Rakyat Baturiti

Makna dari upacara Sun Sen ini, dilanjutkan Tjandrawan adalah untuk menghantarkan para Dewa dan Dewi ke langit.

Setelah upacara dilakukan dan dipercaya para Dewa dan Dewi sudah kembali ke langit, barulah aktivitas persiapan mulai dari membersihkan patung dan altar dilakukan.

“Selain membersihkan patung dan altar persiapan menyambut Imlek juga dilakukan dengan memasang lampion di langit-langit bagian depan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sambut Kedatangan Jokowi, Pedagang Pasar Baturiti di-Swab

Untuk jumlah umat yang datang ke Kong Co Bio ini, dilanjutkan Tjandrawan mencapai 1000 orang lebih yang berasal dari hampir seluruh Kabupaten Tabanan dan sekitarnya. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button