GianyarKriminalPeristiwa

Kasus Pencurian Marak di Pasar Rakyat Gianyar

GIANYAR, Kilasbali.com – Kasus pencurian marak terjadi di Pasar Rakyat Gianyar. Hal itu membuat pedagang war-was. Menyikapi hal itu, Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa,  bersama anggota memantau langsung kondisi Pasar Rakyat Gianyar, Rabu (18/1).

Kedatangan Kapolsek Gianyar bersama anggota tampak diterima oleh Kepala Pasar Rakyat Gianyar, I Gusti Made Sudarma. Usai berkeliling pasar, petugas pasar dikumpulkan untuk menyikapi maraknya aksi pencurian di Pasar Rakyat Gianyar.

Petugas diminta untuk mencari solusi terkait keamanan, sehingga tidak terjadi kembali peristiwa hilangnya barang barang milik pedagang di dalam pasar. “Kami tekankan agar sistem keamanan yang selama ini masih kurang untuk dievaluasi,” pinta Kapolsek Tomiyasa.

Baca Juga:  Pembangunan Pariwisata Bali Sejak Ratusan Tahun

Mendukung itu, pihak pengelola pasar diminta agar memasang kamera pengawas alias CCTV di sejumlah sudut atau pada titik tertentu yang selama ini masih kurang. “Kamera pengawas CCTV adalah salah satu langkah antisipasi, sehingga mudah melakukan pengawasan,” tegas Kapolsek.

Dikatakan, disamping upaya peningkatan pengamanan yang dilakukan oleh pihak pengelola pasar dan dari kepolisian akan meningkatkan pantauan melalui kegiatan patroli. “Untuk yang terjadi, kita terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap terduga pelaku pencurian di Pasar Rakyat Gianyar,” jelasnya.

Disebutkan, sampai saat ini ada 3 kasus pencurian yang belum terungkap. Lantaran pihak kepolisian keterbatasan informasi. Untuk itu pihaknya berkordinasi dengan kepala pasar atau nanti juga dengan disperinda untuk penambahan CCTV di sejumlah titik. Selain itu diharapkan juga adanya staf yang memonitor langsung layar CCTV.

Baca Juga:  Angka Kemiskinan Gianyar, Dinsos Gunakan Data BPS dan SK Bupati 

“Ada tiga kasus yang sampai saat ini belum terungkap, pertama pencurian be gerang, kedua barang dagang juga, dan terakhir tas pedagang, semua belum terungkap. Untuk kami kordinasi ke pihak pasar rakyat Gianyar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar, Luh Gede Eka Suary menyambut positif arahan dari Polsek Gianyar. Kata dia, setelah adanya kasus pencurian di Pasar Rakyat Gianyar, pihaknya telah meningkatkan pengawasan. Baik siang maupun malam hari.

“Untuk pengamanan atau satpam, kita bekerja sama dengan pihak ketiga. Para satpam ini tentunya telah dilatih dalam mengantisipasi keamanan. Terkait CCTV, kami akan upayakan, supaya benar-benar para pedagang merasa aman, baik saat transaksi maupun saat dagangannya ditinggal pulang,” ujarnya. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button