DenpasarEkonomi BisnisSosial

Bank Sampah, Pemilahan Berbasis Sumber

DENPASAR, Kilasbali.com – Kelurahan Peguyangan rutin melaksanakan bank sampah disetiap banjar.

Pelaksanaan bank sampah ini merupakan salah satu penerapan program terkait pengolahan serta pemilahan sampah berbasis sumber.

Pelaksanaan pengumpulan sampah kali ini dilaksanakan di Bank Sampah Dahlia Banjar Benaya, Kelurahan Peguyangan, Minggu (22/1).

Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana saat dikonfirmasi mengatakan giat bank sampah kali ini bertempat di Balai Banjar Benaya, Kelurahan Peguyangan.

Bank Sampah yang bernama Bank Sampah Dahlia ini dikelola oleh Kader PKK banjar setempat serta kelihan adat Banjar Benaya yang juga sebagai pelindung Bank Sampah Dahlia tersebut.

“Giat pengumpulan atau penimbangan sampah di Bank Sampah Dahlia ini dilaksanakan pada minggu ketiga di setiap bulannya. Selain menerima pengumpulan sampah non organik, bank sampah ini juga menerima minyak jelantah yang nantinya juga akan disalurkan ke pengepul Sumber Bumi Menghijau (SBM),” ujarnya.

Baca Juga:  Angka Stunting Indonesia Turun Jadi 21,6%

“Kami berharap untuk kedepannya dengan konsisten melaksanakan bank sampah ini dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pembuangan sampah ke TPA Suwung. Selain itu dari bank sampah ini juga diharapkan agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya memilah sampah dari rumah sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah non organik,” katanya.

Selebihnya dikatakan Gede Arcana adapun sampah yang terkumpul saat ini sebanyak 403,2 kilogram dan 12 liter minyak jelantah.

“Semua sampah tersebut akan dijual kembali ke pengepul, jadi dengan adanya bank sampah ini dapat memberikan nilai tambah terhadap sampah yang dihasilkan dimasing-masing rumah tangga,” imbuhnya. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button