Denpasar

Basmi Jentik Nyamuk Cegah DB

    DENPASAR, Kilasbali.com – Dinas Kesehatan Kota Denpasar melalui Puskesmas III Denpasar Selatan bersama Koordinator dan Kader Jumantik lakukan giat Pemantauan Jentik dan Penyelidikan Epidemiologi (PE) di wilayah Banjar Kawan, Serangan, Sabtu (21/1).

    Pembasmian jentik dan Penyelidikan Epidemiologi (PE) ini dilakukan karena menidaklanjuti laporan warga yang mengalami demam dan opname di salah satu rumah sakit. Penyelidikan Epidemiologi (PE) dilakukan pada radius 100 m dari rumah penderita.

    Baca Juga:  Asus Perkenalkan Perangkat Komputasi Terbaru di Bali

     

     

    Hal ini dilakukan tidak lain untuk memutus perkembangan nyamuk penyebab Demam Berdarah khususnya di musim penghujan seperti saat ini, yang membuat perkembangbiakan vektor penular DBD mengalami peningkatan yang sangat pesat.

     

    Dari hasil pemantauan tersebut, juga masih didapati jentik nyamuk yang ditemukan di beberapa tempat, seperti bak penyimpanan air, pot bunga, hingga selokan.

    Baca Juga:  Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Wali Kota Denpasar di DTIK Festival 2024!

     

    Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan, drg. Putu Judy Satyawati Sudarmo mengatakan, untuk masyarakat mewaspadai terkait penyebaran demam berdarah yang sedang meningkat akhir-akhir ini, serta mengimbau untuk aktif menjadi Jumantik mandiri dengan senantiasa menjaga kebersihan, melakukan 3 M plus, menutup tempat penampungan air agar tidak ada jentik nyamuk yang berkembang biak, menguras penampungan air/bak mandi secara rutin, mencegah adanya genangan air di sekitar rumah, serta tidak menggantung pakaian terlalu lama yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi