DenpasarSosialTokoh

Penyakit Rabies Dapat Dicegah

    DENPASAR, Kilasbali.com – Penyakit rabies memang mematikan, namun hal itu masih bisa dicegah jika dilakukan upaya penanganan yang tepat.

    Hal itu disampaikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster saat menjadi narasumber di salah satu TV Swasta di Denpasar, Kamis (27/1).

    Menurutnya, kuncinya adalah jangan lalai menjalankan protokol kesehatan pencegahan rabies. “Ujung tombaknya adalah masyarakat,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Zona Merah Rabies, Petugas Eliminasi Selektif Anjing Liar

    Dikatakan, keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan pemahaman mengenai bahaya rabies.

    “Jadi keluarga harus berpartisipasi aktif. Ini sudah 15 tahun Bali tidak lagi bebas rabies, sebelumnya Bali itu bebas rabies. Tidakkah kita rindu untuk mengembalikan Bali yang bebas rabies?” tanya dia.

    Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster (dua dari kiri) saat menjadi narasumber di salah satu TV Swasta di Denpasar, Kamis (27/1). foto/kilas

    Dia menjelaskan, sebagai salah satu program pokok PKK yaitu program kesehatan, pencegahan penyakit menular dan tidak menular, dia mengajak peran aktif masyarakat khususnya seluruh anggota PKK dalam mengantisipasi penyebaran rabies di masyarakat melalui lingkup paling kecil yaitu keluarga.

    Baca Juga:  40 pcs Kain Raib di Basement Pasar Rakyat Gianyar

    “Peranan aktif dari keluarga itu mulai dari hulunya. Kalau kita sayang binatang itu rawat dia, tidak cukup hanya rawat luarnya tapi juga jangan diliarkan karena ketika dia ketemu dengan anjing liar makan kemungkinan akan tertular virus dan penyakit yang bisa dibawa ke rumah,” pungkasnya. (jus/kb)

    Berita Terkait

    Back to top button