DenpasarEkonomi Bisnis

Inflasi Bali 6,2, Cok Ace Operasi Pasar

    DENPASAR, Kilasbali.com – Menindak lanjuti tingkat inflasi Bali yang berada di tingkat 6,2 atau berada di atas inflasi nasional (5,1) year on year-nya, Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Sukawati (Cok Ace) di dampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dan Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa serta sejumlah Kepala OPD melaksanakan operasi pasar/sidak harga bahan kebutuhan pokok.

    Yaknu kebutuhan sehari-hari, mulai dari harga cabai, tomat, minyak, bawang merah, bawang putih, ayam, dan harga beras. Dari pantauan harga cabai yang bertengger di angka Rp 45 – 50 ribu per kilogram menjadi faktor inflasi utama untuk Bali. Hal ini disampaikan Cok Ace saat operasi/sidak pasar, di Pasar Badung, Denpasar, Selasa (31/1).

    Baca Juga:  Masuk Bursa Cabup Tabanan, Ngurah Panji Tunggu Instruksi Partai

    Dari pantauan pagi tadi, harga cabai yang didatangklan dari jawa dipatok dengan harga Rp45 ribu per Kg, untuk cabai yang didatangkan antar Kabupaten di Bali di jual dengan harga Rp50 ribu per Kg. Sementara harga bahan makanan lain seperti bawang merah di bandrol dengan harga Rp 27 ribu per Kg, bawang putih Rp22 ribu per Kg, telur ayam Rp47 ribu per krat, beras putri Rp13 ribu per Kg, minyak bimoli Rp22 ribu per liter, daging ayam Rp33 ribu per Kg, gula Rp15 ribu per Kg, udang Rp60 ribu per Kg dan tomat Rp10 ribu per Kg.

    “Kita memiliki potensi untuk memasok bahan makanan pokok lokal dan bahan bumbu antar kabupaten, namun perlu diingat untuk memotong panjangnya mata rantai antara petani hingga sampai ke pedagang,” ujarnya.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gandeng Bulog, Siapkan 32 Ton untuk Operasi Pasar

    Menurut dia, pada dasarnya petani yang menjual hasil produksinya dengan harga yang murah, tetapi saat tiba di pasar akan jauh lebih mahal akinat panjangnya mata rantai tengkulak. “Saya yakin penekanan inflasi ini bisa dilakukan apabila kita semua stakeholder bekerjasama dengan baik, terlebih kita memiliki pasar induk yang berfungsi untuk mengontrol harga,” bebernya.

    Selain itu, Cok Ace mengajak untuk harus memiliki sumber-sumber informasi antar kabupaten. Misalnya, Kabupaten Klungkung dan Karangasem memiliki ketersediaan cabai maka kabupaten lain termasuk Denpasar bisa langsung memantau dan berkoordinasi tentang harga pasar.

    “Misalnya lagi kabupaten Tabanan sebagai lumbung padi bisa mengkoordinasikan ketersediaan yang ada dengan kabupaten lainnya, sehingga stok bahan pokok makanan sehari-hari dapat kita pantau bersama, dan tidak terjadi penumpukan di satu wilayah dan juga tidak ada kekurangan di wilayah lainnya,” tutur Cok Ace.

    Baca Juga:  Ini Dia Juara PLN Journalist Awards 2023 untuk Peliputan di Bali

    Ditambahkannya, margin harga yang tergolong jauh ini bisa saja diakibatkan karena adanya mekanisme informasi yang belum berjalan dengan baik, ketersediaan stok dan tingkat distribusi yang belum stabil.

    Sementara itu, Trisno Nugroho mengatakan Bali mentarget penurunan inflasi ke depannya dapat mencapai 0,5 bulan ke bulannya, jika dibandingkan saat ini yang masih 0,7 dari bulan ke bulan.

    “Kami akan terus berusaha mencari tahu apa penyebab dan bagaimana solusi dalam untuk inflasi Bali yang masih tinggi hingga saat ini, yakni salah satunya dengan melakukan operasi pasar,” ungkapnya. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi